ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
Pengertian Computer
Komputer
merupakan sebuah perangkat elektronik yang memiliki fungsi berlimpah,
saat ini komputer telah masuk ditengah-tengah masyarakat umum yang membuat
segala hal dapat dikerjakan hanya dengan melakukannya di depan computer.
Komputer memiliki perangkat keras (hardware) dan perangkat
lunak atau Software.
Pengertian Organisasi Computer
Organisasi
Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan
interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek
arsitekturalnya. organisasi komputer merupakan
bagian-bagian yang mempunyai hubungan erat antar unit operasional serta
mempunyai interkoneksi yang terjadi antar komponen dengan tujuan memuwujudkan
sistem dari jenis arsitektur yang telah dibangun. Contoh aspek organisasional adalah
teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan
sinyal–sinyal kontrol. Organisasi Komputer juga terdiri dari bagian yang
terkait dengan unit‑unit operasional komputer serta
hubungan antara komponen sistem komputer.
Fungsi dari organisasi komputer adalah sebagai
berikut.
Fasilitas
Pekerjaan
Di dalam
organisasi komputer, terbubung berbagai jenis komponen baik itu software serta
hardware yang sangat berguna dalam mendukung banyak jenis pekerjaan. Misalnya
melalui Microsoft excel seseorang dapat mengolah data dengan sistem yang jauh
lebih cepat, kemudian dengan adanya software pengedit video maka seorang vide
maker mampu menciptakan kombinasi video yang indah dan layak untuk ditonton.
Komunikasi
Dengan
adanya komputer, seseorang bisa berhubungan dengan orang lain melalui sebuah
jaringan. Penggunaan komputer sebagai alat telekomunikasi erat kaitannya dengan
internet. Penggunaan jaringan internet memungkinkan seseorang untuk
berkomunikasi dalam rentang jarak yang begitu jauh.
Komunikasi
yang terjadi di dalam organisasi komputer tidak hanya sebatas komunikasi biasa,
namun juga bisa melakukan perpindahan data. Contohnya berbagai komputer yang
tergabung dalam duatu jaringan LAN atau local area network dapat melakukan
transfer data satu sama lain.
Hiburan
Fungsi
hiburan sangat erat kaitannya dengan game. Di dalam organisasi komputer,
seseorang bisa mengandalkan jaringan untuk bermain game secara bersama-sama.
Jika dulu hanya mengandalkan LAN dan jenis jaringan lain ketika ingin bermain
game secara bersama-sama, kini jaringan internet lah yang menjadi acuan dimana
seseorang bisa bermain game secara bersama-sama meskipun jarak terpisah antara
Negara bahkan benua.
Kontrol
Berbagai
fasilitas dalam organisasi komputer salah satunya adalah sebagai sarana
control. Menggunakan organisasi komputer, seseorang dapat dengan mudah
melakukan control misalnya control keamanan terhadap suatau gedung menggunakan
organisasi komputer yang terhubung dengan CCTV.
Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan
pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi
pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui
mekanisme cacheadalah kajian organisasional.
Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional
komputer dan hubungan antara komponen sistem computer,dan interkoneksinya yang
merealisasikan spesifikasi arsitektural. Contoh: teknologi hardware, perangkat
antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan
sinyal–sinyal kontrol.
Pengertian Arsitektur Computer
Arsitektur
Komputer adalah ilmu yang ber tujuan merancang sistem komputer. Tujuan
seorang arsitek komputer adalah merancang sebuah sistem dengan kinerja yang
tinggi dengan biaya yang layak, memenuhi persyaratan-persyaratan lainnya.
Arsitektur Komputer lebih cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer
yang
terkait dengan seorang programmer, karena “Arsitektur Komputer” memberikan berbagai atribut pada sistem komputer yang dibutuhkan oleh seorang perancang software sistem untuk mengembangkan suatu progaram. Model konseptual arsitektur komputer memberikan informasi sebagai berikut. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
terkait dengan seorang programmer, karena “Arsitektur Komputer” memberikan berbagai atribut pada sistem komputer yang dibutuhkan oleh seorang perancang software sistem untuk mengembangkan suatu progaram. Model konseptual arsitektur komputer memberikan informasi sebagai berikut. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
Arsitektur
komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
1. Set instruksi (ISA)
2. Arsitektur mikro dari ISA, dan
3. Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
1. Set instruksi (ISA)
2. Arsitektur mikro dari ISA, dan
3. Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
PRINSIP KERJA ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
Komputer mempunyai bagian-bagian yang mempunyai fungsi berbeda-beda.
Susunan letak dan hubungan antar bagian-bagian hingga membentuk tubuh komputer
disebut sebagai arsitektur komputer. Atau dengan kata lain arsitektur komputer
merupakan pengorganisasian bagian-bagian fungsional sebuah komputer.
Perbedaan Antara Organisasi Computer Dengan Arsitektur
Computer
Organisasi
Computer :
Perbedaaan Utamanya dengan
arsitektur computer adalah :
Organisasi
Komputer
merupakan Bagian yang terkait dengan erat dengan unit
– unit operasional, sebagai contoh :
teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan
sinyal – sinyal control
Yang kedua :
Organisasi komputer memberikan gambar yang lebih dalam mengenai struktur
fungsional dan interkoneksi logika antara unit-unit (blok fungsional). Biasanya
termasuk rincian atau detail hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram,
seperti sinyal-sinyal kontrol, antarmuka komputer dan peripheral serta
teknologi memori yang digunakan.
Yang ketiga : Di dalam
organisasi komputer, kita akan menemukan ilmu yang mempelajari bagian-bagian
terkait di dalam hubungan tersebut, kemudian kita juga dapat menjalankan
operasional sistem kerja dari semua komponen yang terhubung.
Yang keempat :
Organisasi komputer merupakan sekumpulan unit unit operasional pada
komputer yang bekerja bersama-sama demi satu tujuan.
Yang kelima :
Organisasi komputer dapat berbeda, maksudnya kita di berikan berberapa software
yang berbeda tetapi pada akhirnya pembuatan ataupun proses perencanaannya (arsitekturnya) sama.
Yang keenam :
Organisasi komputer harus menyesuaikan perkembangan teknologi artinya organisasi
komputer dapat berubah sesuai dengan perkembangan teknologi.
Pabrik komputer memproduksi sekelompok model komputer, yang memiliki arsitektur sama tapi berbeda dari segi organisasinya yang mengakibatkan harga dan karakteristik unjuk kerja yang berbeda. contoh :
1. Semua intel family x86 memiliki arsitektur dasar yang sama
2. Family IBM system/ 370 memiliki arsitektur dasar yang sama
3. Organisasi antar versi memiliki perbedaan.
Pabrik komputer memproduksi sekelompok model komputer, yang memiliki arsitektur sama tapi berbeda dari segi organisasinya yang mengakibatkan harga dan karakteristik unjuk kerja yang berbeda. contoh :
1. Semua intel family x86 memiliki arsitektur dasar yang sama
2. Family IBM system/ 370 memiliki arsitektur dasar yang sama
3. Organisasi antar versi memiliki perbedaan.
Yang ketujuh :
Organisasi Komputer berkaitan erat dengan unit-unit operasional dan
interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural. Contoh Atribut Organisasional Adalah :rincian hardware
yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal kontrol, interface
komputer, dan teknologi memori yang digunakan.
Yang terakhir :
dapat di simpulkan bahwa organisasi itu sebagai penyedianya atau di ibaratkan sebagai
software - softwarenya.
Arsitektur
Computer :
Perbedaaan Utamanya
dengan organisasi computer adalah :
Arsitektur
Komputer merupakan
Atribut – atribut sistem komputer yang terkait
dengan seorang programmer, sebagai contoh :
Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O
Yang kedua : Arsitektur
komputer adalah
dapat dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara
interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat
menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja,
dan juga target biayanya.
Yang ketiga : Dalam
bidang teknik komputer, definisi arsitektur komputer adalah suatu konsep
perencanaan dan juga struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer
atau ilmu yang bertujuan untuk perancangan sistem komputer. Arsitektur komputer adalah
konsep perencanaan dan struktur
pengoperasian dasar dari suatu sistemkomputer.
Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional
dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan
sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari
masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan
bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache,RAM, ROM, cakram keras,
dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von
Neumann, CISC, RISC, blue Gene,
dll.
Yang keempat :
Arsitektur komputer merupakan teknik yang digunakan dalam perancangan suatu
organisasi komputer agar dapat berjalan sebagai mana mestinya.
Yang kelima :
Arsitektur harus sama, maksudnya kita akan membuat sebuah aplikasi dari
beberapa software yang berbeda tetapi pada intinya proses perancangannya nanti
sama.
Yang keenam :
Arsitektur komputer itu bertahan lama artinya Arsitektur komputer dapat
bertahan bertahun-tahun. Sebuah Pabrik komputer memproduksi sekelompok model
komputer, yang memiliki arsitektur sama tapi berbeda dari segi organisasinya
yang mengakibatkan harga dan karakteristik unjuk kerja yang berbeda. Jika
organisasi komputer harus mengikuti perkembangan zaman tetapi arsitektur itu
dapat bertahan hingga bertahun – tahun lamanya.
Yang ketujuh :
Arsitektur Komputer berkaitan erat dengan atribut-atribut sebuah sistem yang
tampak (Visible) bagi seorang program. Contoh Atribut Arsitektural Adalah :set
instruksi, jumlah bit utk representasi bermacam jenis data, mekanisme I/O, dan
teknik-teknik pengalamatan memory.
Yang terakhir : Dapat
di simpulkan bahwa arsitektur itu sebagai perancangnya atau yang akan merancang
software tersebut supaya menjadi sebuah aplikasi yang dapat berfungsi dengan
baik.
Tujuan Belajar
Organisasi Dan Asitektur Computer
~ Untuk Mengetahui tentang organisasi komputer.
~ Untuk mengetahui tentang arstektur komputer.
~ Untuk mengetahui perbedaan antara organisasi dan
arsitektur komputer.
~ Untuk mengetahui konsep dasar operasi komputer.
~ Untuk menegtahui berbagai fungsi – fungsi
komputer.
~ Materi kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer
diselenggarakan dalam rangka memberikan bekal agar mahasiswa memiliki
kompetensi terkait dengan perancangan Central Processing Unit dari sebuah
komputer serta komponen perangkat keras digital yang membentuknya beserta
perangkat disekitarnya.
~ Untuk mengetahui tentang cara kerja organisasi dan
arsitektur komputer.
~ Untuk mengetahui struktur dasar komputer.
~ Untuk mengetahui tentang unit fungsional dasar
komputer.
Fungsi – Fungsi
Komputer
Fungsi
adalah operasi dari masing-masing komponen yang merupakan bagian dari struktur.
Sedangkan Fungsi dari komputer, adalah :
~ Fungsi Operasi Pengolahan Data
~ Fungsi Operasi Penyimpanan Data
~ Fungsi Operasi Pemindahan Data
~ Fungsi Operasi Kontrol
Berikut ini
penjelasan dari masing – masing fungsi komputer tersebut, adalah :
Komputer Sebagai Pengolah Data
Komputer
sebagai alat untuk mengolah data yaitu untuk mengolah data yang telah kita buat
dan akan dip roses di CPU. Jika kita ingin membuka kembali program yang kita
buat. Computer akan mengolah dan membuka program yang telah kita buat. Contoh:
updating bank statement.
Setiap
komputer adalah entri data dirancang sebagai fungsi pertama. yaitu sebelum data
ini dapat diteruskan ke prosesor untuk pengolahan ke informasi. Entri data pada
dasarnya melibatkan apa yang sering disebut sebagai data input, dan dicapai
melalui perangkat input. Tanpa bantuan dari perangkat input maka data tidak
bisa di inputkan ke dalam komputer. Aplikasi yang digunakan dalam komputer juga
akan menentukan bagaimana data masukan. Ini dapat dilakukan secara manual,
secara otomatis atau kombinasi keduanya.Entri manual data berarti bahwa
pengguna, operator, atau teknisi akan secara manual memasukkan data ke dalam
sistem komputer melalui add-on aksesoris.
Fungsi komputer itu sendiri tidak
bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Manusia menggunakan komputer untuk
mengolah kumpulan data yang menghasilkan suatu informasi. Data yang diolah
biasanya berupa dokumen, surat, kata, grafik, kondisi, ide, objek, dan
lain-lain tergantung kebutuhan dari pengguna komputer tersebut. Dan proses
pengolahan data tersebut dilakukan oleh suatu software.
Fungsi
komputer yang ini akan selalu berkaitan dengan input device. Berikut beberapa
contoh perangkat input komputer adalah keyboard, mouse, scanner, joystik,
trackball, digitizer, touchpad, barcode reader, dan masih banyak lagi. Yang
termasuk perangkat input dasar adalah keyboard, mouse dan perangkat penyimpanan
eksternal: pita magnetik dan kertas unit tape biasanya digunakan di masa lalu.
Sebagai
contoh, operator akan input data melalui keyboard untuk komputer dan perangkat
pengolahan akan memanipulasi data untuk tampilan atau penyimpanan, tergantung
pada fungsi dimaksudkan dan/atau menggunakan. Hari ini, data dapat juga masukan
melalui aplikasi dikte vokal dan gerakan tubuh. Otomatis aplikasi dan Robotika
dapat juga digunakan untuk cerdas feed komputer. Sebagai contoh,
menghitung-hitung proses pemilihan dapat dilakukan jarak jauh dan secara
otomatis dengan tepat hardware dan software.
Komputer Sebagai Penyimpan Data
Komputer sebagai alat untuk
penimpanan data yaitu untuk menyimpan data yang telah dibuat dan akan bisa
membuka kembali file yang telah kita buat. Contoh: download dari internet.
Fungsi komputer ini akan selalu berkaitan dengan media penyimpanan, contohnya
seperti RAM, ROM, Hardisk, CD/DVD, Flashdisk, dan lain sebagainya.
Fungsi komputer sebagai penyimpan
data adalah untuk mengamankan banyak data yang suatu saat nanti data tersebut
akan di gunakan kembali untuk diolah. Semua data di dalam komputer disimpan
dalam sebuah Harddisk. Hardisk itu sendiri juga memiliki kapasitas
memori yang berbeda-beda.
Pengolahan data adalah fungsi
utama dan tujuan dari sistem komputer. Ini adalah alasan utama mengapa komputer
adalah benar-benar sebuah komputer: yaitu perangkat komputasi. Yang lain aksesoris dan peralatan yang bekerja dengan
komputer untuk mengumpulkan, menyimpan dan output data. Fungsinya murni gratis
tapi tentu diperlukan dalam rangka untuk menyelesaikan siklus komputasi penuh.
Pengolahan data dan informasi adalah fungsi langsung dari komputer. Otak dari komputer di mana data diproses disebut unit pemroses Sentral (CPU). Itu adalah sebuah chip yang biasanya mengukur setengah inci dan dimasukkan ke soket motherboard komputer.
Pengolahan data dan informasi adalah fungsi langsung dari komputer. Otak dari komputer di mana data diproses disebut unit pemroses Sentral (CPU). Itu adalah sebuah chip yang biasanya mengukur setengah inci dan dimasukkan ke soket motherboard komputer.
Hal ini penting untuk dicatat
bahwa unit pengolahan perangkat komputasi pribadi modern terus berevolusi dan
mengungguli pendahulunya. Salah satu daerah tertentu adalah penggabungan CPU
dan unit pengolahan grafis (GPU) ke dalam apa yang sekarang dikenal sebagai
unit pengolahan dipercepat (APU). Penggabungan memungkinkan prosesor baru untuk
mengintegrasikan kemampuan pengolahan grafis yang kuat di atas yang tradisional
perhitungan aritmatika dan logis. Setelah
data diproses ke informasi, itu dapat disimpan atau ditampilkan sesuai
kebutuhan pengguna.
Komputer Sebagai Pemindahan Data
Fungsi komputer
sebagai pemindahan data adalah untuk mengirim atau menerima data dari komputer
satu ke komputer lainnya, agar proses pengolahan data agar lebih mudah.
Komputer sebagai
alat untuk pemindahan data yaitu untuk pemindahan data yang telah dibuat
dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat dengan cara mengcopy
paste file yang telah kita buat. Contoh: dari keyboard ke layar monitor.
Ketika data
komputer telah dimanipulasi ke informasi itu sekarang mendapatkan disebarkan
untuk berbagai tujuan. Setelah komputer telah diproses data yang diberi makan
itu selama fase masukan, itu mengirimkan informasi yang dihasilkan untuk
perangkat output untuk penyebaran dipilih. Pada
tingkat lokal, olahan data dan informasi dapat sekarang dilihat melalui layar
monitor atau dikonsumsi sebagai file audio, atau mana yang berlaku, dicetak
sebagai hard copy ke kertas, atau dicetak sebagai 3D model.
Pekerjaan untuk
dicetak mungkin laporan bisnis atau hanya berupa huruf; Informasi untuk dilihat
pada monitor dapat produksi video selesai pesta keluarga; Audio file dapat
menjadi suatu file mp3 yang direkam dan diedit melalui beberapa aplikasi.
Komputer Sebagai Control
Fungsi komputer
sebagai kendali adalah di kerjakan oleh seseorang dengan memasukkan
perintah-perintah ke dalam sistem komputer, lalu komputer akan mengerjakan
sesuai dengan perintah-perintah yang telah di input oleh manusia.
Komputer sebagai
alat kendali data yaitu untuk mengatur data yang telah dibuat maupun yang akan
dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat. Dan bisa
mengendalikan apa yang kita perintahkan melalui keyboard dan lain lain.
Unit Fungsional
Dasar Komputer
Unit Fungsional Dasar Komputer terdiri dari :
Unit Input (Input Device)
Yaitu perangkat
keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data dan perintah
ke dalam komputer. Setiap komputer mempunyai input device dasar seperti
keyboard dan mouse. Selain itu input device tambahan seperti scanner,
microphone, joystick, dan webcam.
Informasi
yang diinputkan pengguna dapat berupa data atau instruksi. Instruksi, atau
biasanya disebut machine instruction, adalah perintah eksplisit
yang:
- mengatur transfer informasi, baik di dalam komputer
maupun antara komputer dengan alat I/O (Input Output).
- menentukan operasi aritmatika dan logic mana yang akan dipakai untuk mengolah data.
- menentukan operasi aritmatika dan logic mana yang akan dipakai untuk mengolah data.
Daftar
instruksi yang menyelesaikan suatu proses tertentu disebutprogram.
Biasanya, program disimpan di memori. Data adalah angka/ huruf/
karakter yang tersandi, yang akan menjadi objek operasi dari instruksi. Namun
kadang "data" juga digunakan untuk mewakili semua informasi
digital yang akan diolah di komputer.
Unit input adalah
(masukan) unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari
luar ke dalam mikroprosesor ini, contohnya data yang berasal dari keyboard atau mouse. Unit
input ini selalu berkaitan dengan perangkat keras atau input device, contohnya
seperti keyboard, mouse, joystick, scanner, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Input (Masukan)Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai
alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer yang berupa signal
input atau maintenance input. Terminal dapat dihubungkan ke sistem komputer
dengan menggunakan kabel langsung atau lewat alat komunikasi. Terminal dapat
digolongkan menjadi
1. non
intelligent terminal
2. smart
terminal, dan
3.
intelligent terminal.
Non
Intelligent
Non
intelligent terminal hanya berfungsi sebagai alat memasukkan input dan penampil
output, dan tidak bisa diprogram karena tidak mempunyai alat pemroses.
Peralatan seperti ini disebut sebagai dumb terminal.
Smart
Terminal
Smart
terminal mempunyai alat pemroses dan memori di dalamnya sehingga input yang
terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali. Walaupun demikian, terminal jenis
ini tidak dapat diprogram oleh pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya.
Intelligent
Intelligent
terminal dapat diprogram oleh pemakai. Peralatan yang hanya berfungsi sebagai
alat input langsung dan tidak langsung :
Alat input
langsung dan tidak langsung
Alat input
langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Alat
input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya
mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya
magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character
recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera), voice recognizer
(misalnya microphone).
Alat input
tidak langsung
Alat input
tidak langsung melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat
pemroses. Alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui
media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media
berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang
merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum
diproses lebih lanjut.
Unit Output
Output adalah
lawan dari input. Fungsinya adalah untuk mengirim informasi ke dunia luar/ ke
pengguna yang membutuhkan. Output adalah data yang telah diproses menjadi
bentuk yang dapat digunakan. Artinya komputer memproses data-data yang
diinputkan menjadi sebuah informasi. Yang disebut sebagai perangkat output
adalah semua komponen piranti keras yang menyampaikan informasi kepada
orang-orang yang menggunakannya.
Unit output (keluaran)
biasanya digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk
menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan
ditampilkan pada layar monitor atau printer.
Output device Yaitu
perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai
hasil pengolahan data. Unit output ii akan selalu berhubungan dengan output
device atau perangkat keluaran, Misalnya seperti : monitor, printer, hasil
scanner, speaker, dan lain sebagainya.
Komputer akan
memproses informasi dari peralatan input komputer kemudian menampilkan hasil
proses dalam bentuk informasi ke pengguna komputer (manusia). Peralatan output
sendiri sangat penting karena akan memberikan informasi secara langsung ke
pengguna. Perangkat output juga menjadi suatu keharusan dalam sistem komputer
meskipun beberapa peralatan output komputer tersebut dalam kategori periperal
komputer / perangkat tambahan.
Unit Memory
Unit memori ini
berfungsi untuk menyimpan program dan data, terbagi menjadi 2 yaitu Random
Access Memory (RAM) untuk menyimpan data sementara dan Read Only Memory (ROM)
yaitu memori yang hanya bisa dibaca sebagai penyedia informasi saat komputer
pertama kali dihidupkan.
Memori komputer
bertanggung jawab untuk menyimpan data dan aplikasi sementara atau secara
permanen. Hal ini memungkinkan seseorang untuk menyimpan informasi yang
tersimpan di komputer. Tanpa memori, prosesor tidak akan dapat menemukan tempat
yang diperlukan untuk menyimpan perhitungan dan proses. Ada berbagai jenis
memori komputer yang dapat diinstal, tergantung pada kebutuhan, fungsi dan
spesifikasi dari sistem.
Memori
merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan
informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori biasanya disebut
juga dengan istilah : computer storage, computer memory atau memory, merupakan
piranti komputer yang digunakan sebagai media penyimpan data dan informasi saat
menggunakan komputer. Memory merupakan bagian yang penting dalam komputer
modern dan letaknya di dalam CPU (Central Processing Unit). Sebagian besar
komputer memiliki hirarki memori yang terdiri atas tiga level, yaitu: physical
Register di CPU, berada di level teratas. Informasi yang berada di register
dapat diakses dalam satu clock cycle CPU. Memori itu ada dua macam, yaitu :
Primary Memory (executable memory), berada di level tengah. Contohnya,
RAM. Primary Memory diukur dengan satu byte dalam satu waktu, secara relatif
dapat diakses dengan cepat, dan bersifat volatile (informasi bisa hilang ketika
komputer dimatikan). CPU mengakses memori ini dengan instruksi single load dan
store dalam beberapa clock cycle.
Secondary Memory, berada di level bawah. Contohnya, disk atau tape.
Secondary Memory diukur sebagai kumpulan dari bytes (block of bytes), waktu
aksesnya lambat, dan bersifat non-volatile (informasi tetap tersimpan ketika
komputer dimatikan). Memori ini diterapkan di storage device, jadi akses
meliputi aksi oleh driver dan device.
JENIS MEMORI (MEDIA PENYIMPANAN) :
Memori
merupakan media penyimpanan data pada komputer, yang mana media penyimpanan
data dalam computer dibagi menjadi 2 jenis yaitu :
A. MEMORI
INTERNAL
Memori jenis
ini dapat diakses secara langsung oleh prosesor. Memori internal memiliki
fungsi sebagai pengingat. Dalam hal ini yang disimpan di dalam memori utama
dapat berupa data atau program. Memori biasa terbagi dibedakan menjadi dua
macam: ROM dan RAM. Selain itu, terdapat pula memori yang disebut CACHE MEMORI,
CMOS, DRAM, SDRAM, DIMM.
- ROM (Read-Only-Memory a.k.a
firmware)
Adalah jenis memori yang isinya tidak hilang ketika tidak mendapat aliran listrik dan pada awalnya isinya hanya bisa dibaca. ROM pada komputer disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data. Di dalam PC, ROM biasa disebut BIOS (Basic Input/Output System) atau ROM-BIOS. - CMOS (Compmentary Meta-Oxyde
Semiconductor).
Adalah jenis cip yang memerlukan daya listrik dari baterai. Cip ini berisi memori 64-byte yang isinya dapat diganti. Pada CMOS inilah berbagai pengaturan dasar komputer dilakukan, misalnya peranti yang digunakan untuk memuat sistem operasi dan termasuk pula tanggal dan jam sistem. CMOS merupukan bagian dari ROM. - RAM (Random-Access Memory).
Adalah jenis memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer dihidupkan dan bersifat volatile. Selain itu, RAM mempunyai sifat yakni dapat menyimpan dan mengambil data dengan sangat cepat. - DRAM (Dynamic RAM).
Adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung di dalamnya tidak hilang. DRAM merupakan salah satu tipe RAM yang terdapat dalam PC. - SDRAM (Sychronous Dynamic RAM).
Adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah disnkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz. - DIMM (dual in-line memory
module)
Berkapasitas 168 pin, kedua belah modul memori ini aktif, setiap permukaan adalah 84 pin. Ini berbeda daripada SIMM yang hanya berfungsi pada sebelah modul saja. Mensuport 64 bit penghantaran data. SDRAM (synchronous DRAM) menggunakan DIMM. Merupakan penganti dari DRAM, FPM (fast page memory) dan EDO. SDRAM pengatur (synchronizes) memori supaya sama dengan CPU clock untuk pemindahan data yang lebih cepat. Terdapat dalam dua kecepatan yaitu 100MHz (PC100) dan 133MHz (PC133). DIMM 168 PIN. DIMM adalah jenis RAM yang terdapat di pasaran. - CACHE MEMORY.
Memori berkapasitas terbatas, memori ini berkecepatan tinggi dan lebih mahal dibandingkan memory utama. Berada diantara memori utama dan register pemroses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu kepada memori utama tetapi di cache memory yang kecepatan aksesnya yang lebih tinggi, metode menggunakan cache memory ini akan meningkatkan kinerja sistem. Cache memory adalah tipe RAM tercepat yang ada, dan digunakan oleh CPU, hard drive, dan beberapa komponen lainnya.
B. MEMORI
EKSTERNAL
Merupakan memori
tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program.Contoh: Hardisk,
Floppy Disk dll. Hubungan antara Chace Memori, Memori Utama dan Konsep dasar
memori eksternal adalah : Menyimpan data bersifat tetap (non volatile), baik
pada saat komputer aktif atau tidak. Memori eksternal biasa disebut juga memori
eksternal yaitu perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan
dan penyimpanan data, di luar memori utama. Memori eksternal mempunyai dua
tujuan utama yaitu sebagai penyimpan permanen untuk membantu fungsi RAM dan
yang untuk mendapatkan memori murah yang berkapasitas tinggi bagi penggunaan
jangka panjang.
Arithmetic dan
Logic Unit
Central
Processing Unit (CPU) merupakan otak dari sistem komputer yang memiliki dua
bagian fungsi operasional yaitu: Arithmetical and Logic Unit (ALU) sebagai
pusat pengolahan data dan Control Unit (CU) sebagai pengendali kerja komputer.
Aritmetic
dan Logic Unit disebut juga ALU, adalah bagian dari prosesor, yang bertugas
melakukan operasi aritmatika (penjumlahan, pengurangan, dll) dan operasi logika
(lebih besar, lebih kecil, dll). Meskipun yang dilakukan sangat sangat
sederhana, bahkan anak SD sekalipun bisa melakukannya, namun prosesor melakukan
operasi ini dengan sangat sangat cepat, bisa berjuta operasi per
detik. Hal inilah yang membedakan komputer dengan manusia, yaitu
kecepatannya, yang membuat komputer seolah terlihat lebih pintar, padahal yang
dilakukannya hanyalah melakukan perhitungan simpel ala anak SD.
Yang penting
dari ALU adalah adanya memori tambahan yang disebutregister yang
terletak di sirkuit prosesor. Meskipun kapasitasnya kecil, register memiliki
waktu akses yang sangat cepat, bahkan paling cepat diantara jenis-jenis memori
lainnya. Hal ini penting untuk mendukung fungsi prosesor dalam mengolah data,
yang membutuhkan waktu secepat mungkin.
ALU, singkatan
dari Arithmetic And Logic Unit ( unit aritmatika dan logika), adalah salah satu
bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk melakukan operasi
hitungan aritmatika dan logika. Contoh operasi aritmatika adalah operasi
penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND
dan OR.
Tugas utama dari
ALU (Arithmetic And Logic Unit) adalah melakukan semua perhitungan aritmatika
atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan
operasi aritmatika yang lainnya. Seperti pengurangan – pengurangan, dan
pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. Sehingga sirkuit elektronik di
ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi aritmatika ini disebut adder. ALU
melakukan operasi arithmatika dengan dasar pertambahan, sedang operasi
arithmatika yang lainnya, seperti pengurangan, perkalian, dan pembagian
dilakukan dengan dasar penjumlahan. sehingga sirkuit elektronik di ALU yang
digunakan untuk melaksanakan operasi arithmatika ini disebut adder.
Tugas lain dari
ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi
program. logika (logical operation) meliputi perbandingan dua buah elemen
logika dengan menggunakan operator logika, yaitu:
a. sama dengan
(=)
b. tidak sama
dengan (<>)
c. kurang dari
(<)
d. kurang atau
sama dengan dari (<=)
e. lebih besar
dari (>)
f. lebih besar
atau sama dengan dari (>=)
Fungsi-fungsi
yang didefinisikan pada ALU adalah Add (penjumlahan), Addu (penjumlahan tidak
bertanda), Sub (pengurangan), Subu (pengurangan tidak bertanda), and, or, xor,
sll (shift left logical), srl (shift right logical), sra (shift right
arithmetic), dan lain-lain.
ALU merupakan
bagian pengolah bilangan biner dari sebuah prosesor. ALU bertugas melakukan
operasi-operasi aritmatika dan logika sesuai dengan instruksi yang diberikan.
ALU juga merupakan salah satu bagian yang terpenting. Unit aritmetik logika
(ALU) terdiri dari sirkuit elektronik yang membuatnya mampu melaksanakan
operasi aritmatika dan logika. Ia mengeksekusi instruksi dan melakukan
perhitungan (tambah, kali, kurang, dan bagi) dan perbandingan. ALU bekerja
dengan register yang berbeda untuk menyimpan data atau informasi tentang
tindakan terakhir yang dilakukan oleh unit logika. ALU mampu membandingkan
huruf, angka, atau karakter khusus. Komponen dari rangkaian logika pada ALU
adalah gerbanggerbang logika AND, OR, XOR, dan NOT yang dihubungkan pada
multiplexer. Selain itu juga terdapat juga operasi shifter yang komponen
dasarnya adalah multiplexer. Komponen ALU mendapatkan masukan data dari
register dan sinyal kontrol dari CU. Untuk operasi ALU dengan dua masukan,
diperlukan dua register 8-bit: ACC (accumulator) untuk masukan pertama dan temp
(register sementara) untuk masukan kedua. Hasil dari operasi ALU ini adalah
data 8-bit yang kemudian diteruskan ke register untuk menyimpan hasil operasi
ini. Selain itu juga dihasilkan flag atau bit status. Flag ini akan diteruskan
ke register yang menyimpan flag hasil dari operasi ALU. Untuk mempercepat
pemrosesan data di dalam prosesor, selain CU dan ALU, prosesor juga membutuhkan
memori dengan kecepatan yang sama dengan prosesor. Memori khusus yang
diimplementasikan pada prosesor ini disebut register. Komponen utama penyusun
register adalah flip-flop.
Control Unit
Unit Kontrol secara efektif merupakan syaraf yang
mengirim sinyal kontrol ke unit lain dan mengetahui keadaan unit tersebut.
Secara ringkas, struktur operasi satu komputer adalah sebagai berikut:
1. Komputer menerima informasi dalam
bentuk program dan data melalui unit input dan menyimpannya dalam memori.
2. Informasi yang disimpan dalam memori
diambil, dibawa Control Program ke unit aritmetika dan logika dimana informasi
tersebut akan diproses.
3. Informasi yang telah diolah
ditampilkan melalui output device.
4. Semua kegiatan dalam komputer
tersebut diarahkan oleh Unit Kontrol.
Unit control
mengkoordinasikan semua unit lainnya, bagaikan sistem saraf yang mengendalikan
pergerakan manusia dengan mengirim sinyal perintah dan mendeteksi rangsangan/
keadaan alatnya. Wujud dari kontrol unit itu sendiri kadang BUKANLAH berupa
suatu alat mandiri yang secara fisik terpisah dari alat lainnya di dalam
komputer, namun control unit tersebar di seluruh komponen komputer. Misalnya
adalah kontrol unit dalam kabel-kabel, atau jalur kontrol, yang membawa sinyal
yang diperlukan untuk timing dan sinkronisasi event-event di semua unit.
Unit kontrol
(bahasa Inggris: Control Unit – CU) adalah salah satu bagian dari CPU yang
bertugas untuk memberikan arahan / kendali / kontrol terhadap operasi yang
dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. Output
dari CU ini akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari perangkat CPU
tersebut. Pada awal-awal desain komputer, CU diimplementasikan sebagai ad-hoc
logic
yang susah untuk didesain. Sekarang, CU diimplementasikan sebagai sebuah microprogram yang disimpan di dalam tempat penyimpanan kontrol (control store).
yang susah untuk didesain. Sekarang, CU diimplementasikan sebagai sebuah microprogram yang disimpan di dalam tempat penyimpanan kontrol (control store).
Tugas dari
CU adalah sebagai berikut:
1. Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
2. Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
3. Mengambil data dari memori utama kalau diperlukan oleh proses.
4. Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan
logika serta mengawasi kerja.
5. Menyimpan hasil proses ke memori utama.
1. Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
2. Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
3. Mengambil data dari memori utama kalau diperlukan oleh proses.
4. Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan
logika serta mengawasi kerja.
5. Menyimpan hasil proses ke memori utama.
Proses tiga
langkah karakteristik unit control:
1. Menentukan elemen dasar prosesor
2. Menjelaskan operasi mikro yang akan dilakukan prosesor
3. Menentukan fungsi-fungsi yang harus dilakukan unit control agar menyebabkan
pembentukan operasi mikro
1. Menentukan elemen dasar prosesor
2. Menjelaskan operasi mikro yang akan dilakukan prosesor
3. Menentukan fungsi-fungsi yang harus dilakukan unit control agar menyebabkan
pembentukan operasi mikro
Masukan-masukan
unit control:
1. Clock / pewaktu
Pewaktu adalah cara unit control dalam menjaga waktunya. Unit control menyebabkan sebuah operasi mikro (atau sejumlah operasi mikro yang bersamaan) dibentuk bagi setiap pulsa waktu. Pulsa ini dikenal sebagai waktu siklus prosesor.
2. Register instruksi
Opcode instruksi saat itu digunakan untuk menentukan operasi mikro mana yang akan dilakukan selama siklus eksekusi.
3. Flag
Flag ini diperlukan oleh unit control untuk menentukan status prosesor dan hasil operasi ALU sebelumnya.
4. Sinyal control untuk mengontrol bus
Bagian bus control bus system memberikan sinyal-sinyal ke unit control, seperti sinyal-sinyal interupsi dan acknowledgement.
Keluaran-keluaran unit control:
• Sinyal control didalam prosesor: terdiri dari dua macam: sinyal-sinyal yang menyebabkan data dipindahkan dari register yang satu
keregister yang lainnya, dan sinyal-sinyal yang dapat mengaktifasi fungsi-fungsi ALU tertentu.
1. Clock / pewaktu
Pewaktu adalah cara unit control dalam menjaga waktunya. Unit control menyebabkan sebuah operasi mikro (atau sejumlah operasi mikro yang bersamaan) dibentuk bagi setiap pulsa waktu. Pulsa ini dikenal sebagai waktu siklus prosesor.
2. Register instruksi
Opcode instruksi saat itu digunakan untuk menentukan operasi mikro mana yang akan dilakukan selama siklus eksekusi.
3. Flag
Flag ini diperlukan oleh unit control untuk menentukan status prosesor dan hasil operasi ALU sebelumnya.
4. Sinyal control untuk mengontrol bus
Bagian bus control bus system memberikan sinyal-sinyal ke unit control, seperti sinyal-sinyal interupsi dan acknowledgement.
Keluaran-keluaran unit control:
• Sinyal control didalam prosesor: terdiri dari dua macam: sinyal-sinyal yang menyebabkan data dipindahkan dari register yang satu
keregister yang lainnya, dan sinyal-sinyal yang dapat mengaktifasi fungsi-fungsi ALU tertentu.
Macam-macam CU,
yaitu :
1. Single-Cycle
CU
Proses di CUl
ini hanya terjadi dalam satu clock cycle, artinya setiap instruksi ada pada
satu cycle, maka dari itu tidak memerlukan state. Dengan demikian fungsi
boolean masing-masing control line hanya merupakan fungsi dari opcode saja.
Clock cycle harus mempunyai panjang yang sama untuk setiap jenis instruksi. Ada
dua bagian pada unit kontrol ini, yaitu proses men-decode opcode untuk
mengelompokkannya menjadi 4 macam instruksi (yaitu di gerbang AND), dan
pemberian sinyal kontrol berdasarkan jenis instruksinya (yaitu gerbang OR).
Keempat jenis instruksi adalah “R-format” (berhubungan dengan register), “lw”
(membaca memori), “sw” (menulis ke memori), dan “beq” (branching). Sinyal
kontrol yang dihasilkan bergantung pada jenis instruksinya.
Misalnya jika melibatkan memori ”R-format” atau ”lw”
maka akan sinyal ”Regwrite” akan aktif. Hal lain jika melibatkan memori “lw”
atau “sw” maka akan diberi sinyal kontrol ke ALU, yaitu “ALUSrc”. Desain
single-cycle ini lebih dapat bekerja dengan baik dan benar tetapi cycle ini
tidak efisien.
2. Multi-Cycle
CU
Berbeda dengan
unit kontrol yang single-cycle, unit kontrol yang multi-cycle lebih memiliki
banyak fungsi. Dengan memperhatikan state dan opcode, fungsi boolean dari
masing-masing output control line dapat ditentukan. Masing-masingnya akan
menjadi fungsi dari 10 buah input logic. Jadi akan terdapat banyak fungsi
boolean, dan masing-masingnya tidak sederhana. Pada cycle ini, sinyal kontrol
tidak lagi ditentukan dengan melihat pada bit-bit instruksinya. Bit-bit opcode
memberitahukan operasi apa yang selanjutnya akan dijalankan CPU; bukan
instruksi cycle selanjutnya.
Struktur
Dasar Komputer
Suatu komputer
terdiri dari lima bagian utama yang mandiri secara fungsional: unit input,
memori, aritmatika dan logika, output, dan kontrol. Unit input menerima
informasi terkode dari operator manusia, dari peralatan elektromekanik seperti
keyboard, atau dari komputer lain melalui jalur komunikasi digital. Informasi
yang diterima disimpan dalam memori komputer untuk referensi selanjutnya atau
segera digunakan oleh sirkuit aritmatika dan logika untuk melakukan operasi
yang diinginkan. Langkah pengolahan ditentukan oleh program yang tersimpan
dalam memori. Akhirnya, hasil dikirim kembali ke dunia luar melalui unit
output. Semua langkah ini dikoordinasikan oleh unit kontrol.
Suatu sistem
komputer terdiri dari lima unit struktur dasar, yaitu:
# Unit masukan (Input Unit)
# Unit kontrol (Control Unit)
# Unit logika dan aritmatika (Arithmetic
& Logical Unit / ALU)
# Unit memori/penyimpanan (Memory / Storage Unit)
# Unit keluaran (Output Unit)
Control Unit dan ALU membentuk suatu unit
tersendiri yang disebutCentral Processing Unit (CPU). Hubungan
antar masing-masing unit yang membentuk suatu sistem komputer dapat dilihat
pada gambar berikut:
Data
diterima melalui Input Device dan dikirim ke Memory. Di dalam Memory data
disimpan dan selanjutnya diproses di ALU. Hasil proses disimpan kembali ke
Memory sebelum dikeluarkan melalui Output Device. Kendali dan koordinasi
terhadap sistem ini dilakukan oleh Control Unit. Secara ringkas prinsip kerja
komputer adalah Input – Proses –
Output, yang dikenal dengan singkatan IPO.
Fungsi Utama dari masing-masing Unit akan
dijelaskan berikut ini:
Unit Masukan (Input Unit)
Berfungsi
untuk menerima masukan (input) kemudian membacanya dan diteruskan ke
Memory / penyimpanan. Dalam hubungan ini dikenal istilah peralatan masukan (input
device) yaitu alat penerima dan pembaca masukan serta media masukan yaitu
perantaranya. Unit ini akan selalu berkaitan dengan input device (Perangkat
Masukkan), misalnya seperti keyboard, mouse, joystik, scanner, dan lain
sebagainya.
Unit Kontrol (Control Unit)
Berfungsi
untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pengendalian seluruh sistem komputer.
Ia berfungsi seperti pengatur rumah tangga komputer, memutuskan urutan operasi
untuk seluruh sistem, membangkitkan dan mengendalikan sinyal-sinyal kontrol
untuk menyesuaikan operasi-operasi dan arus data dari bus alamat (address
bus) dan bus data (data bus), serta mengendalikan dan menafsirkan
sinyal-sinyal kontrol pada bus kontrol (control bus) dari sistem
komputer. Pengertian mengenai bus dapat dilihat di bagian bawah halaman ini.
Unit Logika
& Aritmatika (Arithmetical & Logical Unit)
Berfungsi
untuk melaksanakan pekerjaan perhitungan atau aritmatika & logika seperti
menambah, mengurangi, mengalikan, membagi dan memangkatkan. Selain itu juga
melaksanakan pekerjaan seperti pemindahan data, penyatuan data, pemilihan data,
membandingkan data, dll, sehingga ALU merupakan bagian inti dari suatu sistem
komputer. Pada beberapa sistem komputer untuk memperingan dan membantu tugas
ALU dari CPU ini diberi suatu peralatan tambahan yang disebut coprocessorsehingga
khususnya proses perhitungan serta pelaksanaan pekerjaan pada umumnya menjadi
lebih cepat. Pengertian mengenai coprocessor dapat dilihat di
bagian bawah halaman ini.
Unit Memori /
Penyimpan (Memory / Storage
unit)
Berfungsi
untuk menampung data/program yang diterima dari unit masukan sebelum diolah
oleh CPU dan juga menerima data setelah diolah oleh CPU yang selanjutnya
diteruskan ke unit keluaran. Pada suatu sistem komputer terdapat dua macam
memori, yang penamaannya tergantung pada apakah alat tersebut hanya dapat
membaca atau dapat membaca dan menulis padanya. Bagian memori yang hanya dapat
membaca tanpa bisa menulis padanya disebut ROM (Read Only Memory),
sedangkan bagian memori yang dapat melaksanakan membaca dan menulis disebut RAM
(Random Access Memory).
Unit Keluaran (Output Unit)
Berfungsi
untuk menerima hasil pengolahan data dari CPU melalui memori. Seperti halnya
pada unit masukan maka pada unit keluaran dikenal juga istilah peralatan
keluaran (Output device) dan media keluaran (Output media). Unit
ini akan selalu berkaitan dengan output device (perangkat keluaran), contohnya
seperti : printer, monitor, speaker, dan masih banyak lagi.
keren gan :v
BalasHapuslengkap sekali bagus..
BalasHapusTerima Kasih kk :-)
BalasHapus