Selasa, 03 Maret 2015

Bisnis Nasi Tiwul

Singkong bisa di buat menjadi “Nasi Thiwul”
Nasi Tiwul 
Tiwul, atau Thiwul adalah makanan pokok pengganti nasi beras yang terbuat dari ketela pohon atau singkong. Penduduk Pegunungan Kidul (Pacitan, Wonogiri, Gunung Kidul) yang dikenal mengonsumsi jenis makanan ini sehari-hari. Karena penduduk di sana kebanyakan bisa membuat Thiwul, dan sangat terampil dalam membuatnya, tapi thiwul itu nanti akhirnya hanya untuk di makan sendiri bukan untuk di jual, mungkin karena terbatasnya pengetahuan tentang peluang bisnis. Sebenarnya akan menghasilkan untung yang banyak jika thiwul itu di jual, karena jika di perhitungkan singkong bisa menanam sendiri di kebun tanpa harus membeli.
Tiwul dibuat dari gaplek. Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul dipercaya mencegah penyakit maag, perut keroncongan, dan lain sebagainya. Tiwul pernah digunakan untuk makanan pokok sebagian penduduk Indonesia pada masa penjajahan Jepang. Di zaman penjajahan belanda, tiwul merupakan makanan pokok pengganti beras karena masyarakat Indonesia saat itu tidak sempat untuk bercocok tanam apalagi harus bertani. Adapun cara membuat nasi tiwul antara lain :

Bahan – bahan yang harus di siapkan untuk membuat nasi thiwul, antara lain :
  • 300 gr tepung gaplek
  • 70 ml air
  • 2 lembar daun pandan
  • 100 gr gula merah, yang telah di sisir halus

Bahan – bahan yang harus di siapkan untuk membuat taburan thiwul, antara lain :
  •  ¼ butir kelapa muda, yang telah di parut memanjang
  • 1 lembar daun pandan
  •  ¼ sendok teh garam

Cara membuat nasi thiwul, yaitu :
1. Letakkan tepung gaplek di atas tampah terlebih dahulu, sambil diperciki dengan air dan juga diaduk – aduk hingga menja sebuah adonan yang berbutir – butir seperti pasir, lalu sisihkan.
2. Kemudian, masukkan adonan ini ke dalam dandang yang sebelumnya telah di panaskan dan di alasi dengan daun pisang terlebih dahulu.
3. Setelah itu, tambahkan gula merah sisir secara acak di atas adonan tersebut, dan kukus selama 60 menit hingga matang, dan angkat.
4. Sementara itu, kukus pula kelapa parut dengan daun pandan dan garam selama 15 menit, lalu angkat.
5. Nah, sekarang nasi thiwul siap untuk disajikan bersama dengan kelapa parut.

Berikut ini Kandungan nutrisi nasi tiwul di setiap 100 gram bahan baku (singkong) :
o    Mengandung 63. 50 gram air
o    Fospor sebanyak 40 gram
o    Karbohidrat 35 gram
o    Kalsium 33 mg
o    Vitamin C 30 mg
o    Protein 1. 20 mg
o    Zat besi 0. 70 mg
o    Lemak 0. 30 mg
o    Vitamin B1 0. 01 mg
o    kalori (121 kal) lebih rendah dari nasi beras

Manfaat nasi tiwul berdasarkan prosesnya, yaitu :

Menjaga kesehatan pencernaan
Proses pembuatan tiwul yang cukup lama  memungkinkan kandungan pati mengalami interaksi yang di sebut retrogradasi yang artinya terjadi interaksi antar fraksi amilosa pada pati ketika selama proses pembuatan dan menghasilkan pati retrogradasi atau pati resisten. Pati resisten merupakan jenis pati yang lolos untuk pencernaan  yang sehat.

Nasi tiwul sebagai sumber energi
Kandungan asam butirat di dalam nasi tiwul merupakan sumber energi bagi tubuh. Selain  itu, menurut beberapa study kesehatan, asam butirat dapat menghambat tumbuhnya sel- sel kanker dalam tubuh.

Nasi tiwul sebagai makanan diet penderita diabetes

Kita tahu bahwa penyakit diabetes merupakan jenis penyakit yang sulit sekali di sembuhkan. Penyakit ini ada sejak tahun 1552 SM (sebelum masehi). Ketika sesorang terserang diabetes maka si penderita wajib memperhatikan pola makan yang seimbang. Dan sebenarnya, penderita diabetes mestinya menghindari nasi sebagai sumber tenaga. Alasanya nasi adalah jenis makanan pokok yang mengandung kalori cukup tinggi sehingga kalori yang di serap oleh tubuh cepat terurai menjadi gula, Dan karena itu kesehatan menyarankan umbi umbian sebagai penggantinya, salah satunya adalah singkong, Namun untuk memudahkan mengkonsumsinya umbi tersebut di buat menjadi nasi tiwul. Kenapa nasi tiwul baik untuk penderita diabetes?

karena kandungan kalori pada nasi tiwul (121 kal) lebih rendah jika di bandingkan dengan nasi putih yang tinggi akan kalori.

            Luar biasa sekali bukan? mari kita budidayakan tanaman jenis umbi yang satu ini, selain karena rasanya yang unik tentunya juga kaya manfaat.

2 komentar:

  1. Masa sya kecil nasitiwul adalh makanan kluarga yg setiap hari di hidangkan di meja, andaikan indinesia memanfaatkan keragaman makanan tradisional mungkin negriku tercinta ini tidak ada istilah krisis pangan atau beras, tiwul adalah mknan yg unik tp penuh fariasi untuk membuatnya dan sya sangat suka membuat nasi tiwul walau sya sudah tidah dinggal di kmpung halaman lgi, smoga teman2 ada yg punya inisiatif untuk semakin membuat aneka nasi dari bahan singkong atau jagung atau sukun supaya istilah krisis pangan tidak ada lgi..

    BalasHapus
  2. Masa sya kecil nasitiwul adalh makanan kluarga yg setiap hari di hidangkan di meja, andaikan indinesia memanfaatkan keragaman makanan tradisional mungkin negriku tercinta ini tidak ada istilah krisis pangan atau beras, tiwul adalah mknan yg unik tp penuh fariasi untuk membuatnya dan sya sangat suka membuat nasi tiwul walau sya sudah tidah dinggal di kmpung halaman lgi, smoga teman2 ada yg punya inisiatif untuk semakin membuat aneka nasi dari bahan singkong atau jagung atau sukun supaya istilah krisis pangan tidak ada lgi..

    BalasHapus