Selasa, 03 Maret 2015

Karya Ilmiah Peluang Bisnis Stik Es Crim

KARYA ILMIAH
PELUANG BISNIS “STIK ES CRIM”



Yang Di Susun Oleh :
Nama    : Pungki Ana Dewi
NIM      : 14.11.7751
Kelas    : 14-S1TI-03


STIMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2014/2015



KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat allah swt, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah ini dengan baik dan benar.
Karya ilmiah ini diajukan untuk melengkapi tugas kuliah lingkungan bisnis semester genap tahun akademik 2014/2015 STMIK “AMIKOM” YOGYAKARTA, judul karya ilmiah yang penulis ajukan adalah PELUANG BISNIS STIK ES CRIM. Melalui karya tulis ini, penulis ingin memberikan contoh usaha bisnis modal kecil keuntungan besar.
Dalam penulisan karya ilmiah ini, Saya ucapkan terima kasih kepada Rektor AMIKOM, Prof.Dr.M Suyanto, M.M yang telah memberikan tugas ini sehingga saya dapat menambah pemahaman saya tentang Usaha Kecil dan Menengah. Terima kasih pula saya ucapkan kepada teman-teman yang telah membantu saya dalam menyusun karya ilmiah ini.
Saya telah berupaya menyempurnakan karya ilmiah ini, namun seperti kata pepatah “Tak ada gading yang tak retak” maka saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari Prof.Dr.M Suyanto, M.M, teman-teman dan orang lain yang sudi meluangkan waktunya untuk menyimak isi dari makalah ini. Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya sehingga karya ilmiah ini dapat terselesaikan. Saya sangat berharap karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


                                                                                               Yogyakarta, 02 Maret 2015



      Pungki Ana Dewi


BAB I PENDAHULUAN
Abstrak
            Peluang bisnis adalah sebuah kesempatan untuk memulai ataupun membuka sebuah bisnis oleh siapa saja, contohnya seorang mahasisiwa ingin membuka sebuah bisnis itu tidak ada dalil yang melarangnya semua orang memiliki kesempatan untuk mencari, membuka ataupun memulai sebuah peluang bisnis. Tetapi terkadang yang menjadi penghambat ketika akan memulai sebuah bisnis adalah modal, perlu kita ketahui tanpa modal yang besar – pun kita bisa memulai sebuah bisnis yaitu dengan mendirikan bisnis dengan modal yang kecil.
            Buat yang ingin menekuni bisnis sampingan di sela – sela kesibukan utamanya menuntut ilmu di bangku perkuliahan, tidak ada salahnya bila kita mengangkat potensi bisnis di daerah asal kita sebagai salah satu ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa dengan modal yang kecil.
            Menginginkan hampir semua mahasiswa merupakan perantau yang berasal dari berbagai penjuru daerah, tentunya masing – masing dari mereka memiliki adat, budaya, makanan khas, hingga souvenir – souvenir unik yang berbeda – beda. Memanfaatkan peluang tersebut, kita bisa mendapatkan tambahan uang saku dengan memasarkan produk – produk unik seperti aneka kerajinan tangan daerah maupu oleh – oleh khas dari kota asal kita di lingkungan kampus tempat kita menuntut ilmu. 
            Semoga karya ilmiah ini dapat memberikan ide untuk teman – teman semua yang sedang binggung mencari sebuah peluang bisnis. Tanpa kita sadari sebenarnya peluang bisnis itu muncul dimana – mana. Karya ilmiah ini akan membahas tentang peluang bisnis “Stik Es Crim”. Saya memilih judul tersebut karena bisnis tersebut tidak membuthkan modal yang sangat besar dan yang paling penting stik es crim itu mudah di temukan dimana – mana. Lagi – lagi karya ilmiah ini tentang peluang bisnis barang bekas terus kenapa? Karena sampah itu tidak selamanya menjai sampah yang tidak berguna. Jika kita mampu merubah sampah tersebut menjadi karya seni maka kita akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Apalagi sampah stik es crim ini bentuknya persegi panjang tapi lonjong yang sangat mudah untuk di jadikan karya seni. Jaganlah menilai sesuatu itu dari luarnya saja, tetapi nilailah sesuatu tersebut juga dari dalam. . .

BAB II ISI
Isi
            Es crim??? Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya es crim ini? Semuanya pasti mengenalinya dan mengetahuinya dan pastinya kita semua sudah pernah merasakannya. Es crim itu rasanya memang lezat dan manis, dan kebanyakan orang hanya menyukai es crimnya lalu kemudian stikny di buang. Ada yang sebagian menyukai stik es crimnya jika itu berhadiah. Stik es crim itu bisa kita temukan di mana – mana, apalagi di dekat toko es crim.
Tak hanya es krim saja yang butuh gagang atau stik. Lihat saja, stik yang biasanya hanya untuk es krim itu, kini bisa juga dipakai untuk gagang penganan dari cokelat atau nugget. Bahkan salon kecantikan juga butuh stik. Dengan harga berkisar antara Rp 10 sampai Rp 22 per batang, pembuat stik bisa meraup omzet hingga ratusan juta. 
Stik atau tusuk kayu berbentuk pipih yang biasa dipakai untuk gagang es krim, ternyata juga dibutuhkan untuk gagang peganganan seperti cokelat atau pun nugget. Itulah sebabnya, barang kecil seukuran 9 cm sampai 12 cm ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Apalagi, kini salon kecantikan pun membutuhkan stik ini. Sehingga kita lebih mudah untuk mendapatkan sampah stik tersebut.

  •  Peluang Bisnis “Stik Es Crim”

1.      Bisnis Bros Unik dari Stik Es Krim
Membuat perhiasan cantik tidak perlu dengan bahan yang mahal. Bahkan bahan bekas pun bisa disulap menjadi beragam kreasi unik dan cantik. Salah satu diantaranya adalah stik es krim.
Mulai saat ini jangan buang stik es krim yang anda makan.  Sebab, hanya dengan sentuhan kecil stik es krim yang tampak sederhana itu bisa disulap menjadi bros cantik yang akan menghiasi jilbab anda.
Bagaimana caranya? Berikut cara sederhana menyulap stik es krim menjadi bros unik

Alat dan bahan yang di perlukan, adalah :
Bahan dan alat yang digunakan tidak sulit. Sediakan stik es krim sebagai bahan dasar, peniti untuk bros dan lem tembak sebagai perekat. Kemudian sebagai hiasan sediakan manik-manik, biji-bijian, kerang dan benda-benda unik lain yang seimbang dengan stik.
Cara membuatnya, adalah :
a. Potong stik sepanjang 2 – 2,5 cm. Kemudian rekatkan potongan-potongan sesuai bentuk yang anda inginkan. Bisa berbentuk huruf V, silang seperti tambah atau kali, disusun dua sejajar dan sebagainya. Terserah anda seperti apa pola bros yang unik.
b. Kemudian hias rangka bros tersebut dengan manik-manik, biji-bijian, kerang dan hiasan lainnya. Rekatkan bahan-bahan tersebut dengan menggunakan lem tembak.
c.  Pasang peniti pada bagian belakang stik yang tidak ditempeli hiasan.
d.  Bros siap digunakan

2.      Bisnis Miniatur Rumah dari Stik Es Crim
Bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan untuk membuat miniatur rumah adalah sebagai berikut:

  • Stik es krim
  •  Sterofom
  • Pisau/gunting
  • Lem FOX
  • Biji-bijian (kacang hijau)/ hiasan unik
  • Tali pita
  • spidol warna
  •  tusuk gigi
Cara membuat kerajinan tangan ini adalah :
1) Siapkan stik es krim yang diperlukan, sisakan beberapa untuk hiasannya.
2) Stik es krim yang di gunakan, disusun dan lem lah menggunakan lem FOX pada sudut – sudutnya, sehingga membentuk balok yang terbuka, dan alasnya buatlah sedikit lebih panjang atau lebar untuk tempat menaruh  tissue.
3) Setelah itu, buatlah bagian tutupnya menyerupai genteng dan susunlah stik eskrim tersebut dan lemlah pada bagian-bagiannya lalu keringkanlah agar lemnya menjadi kuat.
4) Kemudian setelah kering, siapkanlah beberapa stik es krim untuk membuatdesign pagernya dan sertakan tusuk gigi untuk meletakan di sterofom.
5) Setelah bagian genteng dan temboknya sudah kering, lem lah pada bagian sudut-sudut genteng dan temboknya agar menjadi miniatur rumah yang diinginkan.
6) Setelah semuanya jadi,  siapkan sterofom untuk menjadi alasnya. Lalu tatalah seperti miniatur rumah-rumah lainnya.
7) Setelah disusun dan sudah rapih hiasilah sesuai selera dan juga buatlah jalan, pintu dan jendala dengan menggunakan spidol.

3.      Bisnis Lampion dari Stik Es Crim
Cara Membuat Lampion Stik Es Krim
Stick es krim sebenarnya dapat dibuat menjadi beragam handicraft yang unik, menarik, biaya pembuatannya ringan di kantong. Salah satu handicraft stik es krim yang paling populer adalah lampu hias stick es krim.
Anda mau tahu bagaimana cara membuatnya?
Mari kita simak bersama.
Alat & Bahan :

Ranting-bambu minimalis
1) Stick es krim secukupnya (semakin besar/tinggi lampu hias yang dibuat, semakin banyak pula stick es krim yang dibutuhkan), harganya murah, hanya sekitar Rp. 1500 / ikat (isi  50 batang).Lebih baik menggunakan sisa sisa dari stik es krrim lalu dibersihkan dan dijemur.
2) gunting & tang potong
3) kikir/amplas
4) lem yang cukup kuat
5) cat sesuai selera, atau bisa juga vernis jika diinginkan warna finishing kayu natural
6) lampu 1 pc (daya dan warna disesuaikan keinginan, bisa putih/cool daylight, bisa juga kuning/warm)
7)  fitting lampu 1 pc
8)  kabel secukupnya

Cara Membuat :
1) Buatlah bentuk dasar body lampu hias dari 4 batang stick es krim. Celah yang terbentuk dari 4 batang stick tadi akan menjadi tempat keluarnya cahaya lampu. Pastikan bahwa ke-4 stick tadi dilem dengan rapi/benar-benar bujursangkar.
2) Anda dapat mengkreasikan bentuk body lampu dari 6 atau 8 stick sesuai selera (menjadi segienam atau segidelapan). Bentuk dasar dari 4 stick (bujursangkar) adalah bentuk yang paling sederhana.
3) Rekatkan bentuk-bentuk dasar bujursangkar tadi, tumpuk-menumpuk dengan lem. Pastikan Anda mengelemnya dengan rapi.
4)  Anda dapat mengkreasikan tumpukan menjadi spiral  atau lurus saja, tergantung selera. seperti contoh dibawah.
5)  Buatlah pula bentuk limas/atap lampu dengan cara serupa dengan cara membuat body lampu. Bedanya, agar tercipta bentuk atap yang mengecil ke atas, panjang stick harus dikurangi/dipotong. Anda dapat bereksperimen berapa cm perpendekan yang harus dibuat pada tiap level tumpukan. Semakin drastis perpendekan stick, semakin landai pula atap lampu yang tercipta. Namun jangan terlalu pendek karena akan sulit di lem ke level di bawahnya.
6) Setelah bentuk lampu selesai di baut, Anda dapat memperkuat kembali tiap sambungan lem dengan perekat tambahan.
Anda tidak harus membeli semua bahan bahan tadi, cukup dengan memanfaatkan limbah limbah yang ada di lingkunngan sekitar. 

4.      Bisnis Tempat Pensil dari Stik Es Crim
Cara membuat tempat pensil dari stik es cream tersebut, adalah :
Alat dan Bahan :
·        Stik ice cream
·        Pewarna merah dan hijau atau bisa cari stik es cream yang sudah berwarna
·        Lem Fox
·        Plester
·        Gunting
Cara Membuat :
1) Pilih Stik ice cream yang ingin diwarna,setelah itu kita pilih beberapa yang ingin diwarna merah dan hijau,lalu kita rendam masing-masing kedalam pewarna sambil diratakan dan angkat,tunggu sampai mongering.
2) Selama menunggu stik es cream kering,sisa dari stik es cream yang tidak berwarna kita susun menjadi segi panjang sebanyak 12 buah,setelah itu kita plester agar merekat.
3) Buat seperti cara kedua,tetapi stik yang digunakan 8 buah sebanyak 4 kali, kemudian digabungkan ke empat nya,lalu kita buat menjadi balok
4) Lalu ujung bagian bawah kita lem dan kita tempelkan ke kotak yang telah kita buat pada cara 2. Kemudian stik yang berwarna kita letakkan di sisi-sisi bagian bawah dengan warna selang-seling.
5) Setelah itu 4 buah stik es cream berwarna merah kita potong kedua ujung nya sedikit,lalu kita tempelkan ke sudut stik es cream yang ujung atas
6) Kemudian tambahkan hiasan pada sisi permukaan nya dan di rekatkan dengan lem, kita bisa mengambilnya dari tempelan baju yang kemudian di lepas.

5.      Bisnis Tempat Tissue dari Stik Es Crim
                                       MEMBUAT TEMPAT TISUE DARI STIK ES KRIM

                         A.    ALAT DAN BAHAN
a.       Stik es krim
b.      Pita warma warni
c.       Gunting
d.      Lem kayu
e.       Pensil
                        B.     Cara pembuatan
1) Langkah yang pertama adalah menyiapkan semua alat dan bahan
2) Menggambar sketsa yang akan dibuat dari stik es krim (bentuk segi enam
3) Menyusun stik es krim sesuai dengan gambaran
4) Saat menyusun stik es krim, bagian yang digunakan untuk menggabungkan stik yang satu dengan yang lainnya diberi lem dengan rapih.
5) Susunan yang pertama berbentuk segi enam, lalu menyusunnya keatas sebanyak dua puluh lima susun stik es krim, susunan paling atas berjumkah lima stik dengan disusun bertingkat sehingga telihat semakin mengecil.
6) Menghiasnya dengan pita warna warni, pita di masukan pada susunan stik yang ke 6 dengan model vertical, pita dimasukan ke dalam dan di keluarkan lewat bawah lalu masukan kelmbali ke dalam sampai bagian dasar tertupupi.
7) Mengelem bagian ujung pita dengan stik es krim.
8) Menambahkan assesories lain pada tempat tissue sehingga terlihat cantik seperti pita dan bunga dari kain.
9) Mengelem bagian yang ditambah assesoreis pita dan bunga
10) Tempat tissue cantik siap untuk di pakai dan di pajang di ruang tamu. 

6.      Bisnis Bingkai Foto dari Stik Es Crim

Stik es cream merupakan salah satu alat untuk membuat es cream, namun stik ini juga memiliki banyak sekali manfaat dalam bidang kesenian. Memanfaatkan sisa stik ice cream untuk dibuat menjadi bahan kerajinan. Dan kali ini saya akan sedikit mengulang tentang cara membuat bingkai foto dari stik ini. Berikut cara pembuatan bingkai foto dari stik es krim.
Bahan dan alat yang digunakan :
a.       Stik Es krim
b.      Lem kayu ( lem fox )
c.       Cutter
Cara membuat bingkai foto dari stik es krim adalah :
1)      Buat pola yang kita inginkan, kemudian susunlah beberapa stik es krim
2)      Lalu lem dengan menggunakan lem kayu/ lem fox
3)      Rapatkan stik es krim dengan rapi
4)      Kemudian bentuk seperti figura / bingkai foto yang kita inginkan.
5)      Keringkan pigura sampai benar-benar kering
6)      Setelah itu, hias figura / bingkai foto dari stik ice cream seperti yang kita inginkan.
7)      Setelah kita hias isi bingkai foto dengan foto kita agar lebih menarik, dan bingkai foto siap digunakan deh.
Selamat untuk mencoba.

7.      Bisnis Mainan Puzzle dari Stik Es Crim

Kerajinan tangan dari stik es krim sangatlah bervariasi, mulai dari bentuk rumah-rumahan dan variasi yang lain. Kali ini kita akan belajar membuat kreasi stik es krim untuk anak-anak sekolah. Bahan yang diperlukan juga sederhana dan mudah dibuat. Kamu hanya butuh stik es krim, pensil, dan pewarna. Mau tahu cara membuatnya?? Simak tutorial di bawah ini.
Alat dan bahan yang diperlukan:
  • 7 buah Stik es krim bekas
  • Pensil
  • Cat warna (kayu)
  • Lem kayu

Cara membuatnya:
  1. Bersihkan stik es krim
  2. Buat pola gambar terlebih dahulu, seperti gambar di puzzle.
  3. Rangkai stik es krim dengan lem, kemudian gambar dengan pola.
  4. Selanjutnya warnai agar menarik.
  5. Untuk memudahkan berikan nomor, jika agak sulit bisa tanpa nomor urut.
  6. Setelah selesai copot rangkainnya kembali.
  7. Jadi deh hiasan kamu…

8.      Bisnis Jam Dinding Lucu dari Stik Es Crim
Kerajinan Dari Stik Es Krim Cantik
Kreasi dalam membuat sebuah kerajinan tangan di Indonesia memang sangat bermacam-macam dan beraneka ragam bentuk. Ide kreasi anak bangsa tak pernah lepas dari keinginan yang kuat untuk menghasilkan sebuah sesuatu yang bermanfaat. Karya ilmiah ini akan memberikan sebuah inspirasi untuk Anda khusunya anak-anak yang sedang ingin belajar bagaimana membuat sebuah kreasi kerajinan yang mudah, lucu, dan tentu bermanfaat di rumah. Contohya Kreasi Jam Dinding Dari Stik Es Krim.


Bahan dan Alat
  • Stick es krim bekas
  • Pewarna/cat kayu
  • Lem
  • Papan kayu (triplek)
  • Mesin Jam.
Langkah cara membuatnya:
1)      Simak gambar untuk memahaminya.
2)      Bersihkan stik es krimnya, kemudian warnai dengan warna sesuai selera dan keinginan Anda.
3)      Potong kayu berbentuk lingkaran dan buat sebanyak 12.
4)      Beri nomor dan warnai.
5)      Tempelkan dengan lem pada stik yang sudah diwarnai.
6)      Siapkan papan kayu melingkar yang lebih besa (sesuai panjang stik es krim).
7)      Tempelkan dengan lem panas (paku kecil juga bisa).
8)      Lubangi tepat di pusa lingkaran, tempelkan mesin jamnya.
9)      Untuk menghasilkan karya ini Anda harus sabar dan selalu tetap focus.

9.      Bisnis Mainan Rumah dari Stik Es Crim

Alat dan bahan yang dibutuhkan, adalah :

  • stik es krim
  • sterofom
  • pisau/gunting/cutter
  • lem FOX/lem kayu 
  • biji-bijian(kacang hijau,kedelai,dll) atau hiasan lainnya.
  •  tali pita
  • spidol warna warni
  • tusuk gigi 
Cara Membuatnya, adalah :
1)      Siapkan stik es krim yg diperlukan, sisakan beberapa utk hiasan.
2)      Stik es krim yg digunakan disusun lalu dilem pada bagian sudut-sudutnya sehingga membentuk balok yg terbuka, dan alasnya buatlah sedikit lebih panjang/lebar untuk menaruh tisu sebagai rumput
3)      Lalu, buatlah bagian tutupnya menyerupai genteng dan susun stik es krim itu lalu tempelkan menggunakan lem FOX lalu keringkan agar kuat.
4)      Setelah kering, siapkanlah beberapa stik es krim utk membuat design pager dan sertakan tusuk gigi untuk meletakkan sterofom.
5)      Setelah bagian genteng dan tembok sudah kering, lem lah pada bagian sudut2 genteng dan temboknya agar menjadi miniatur rumah yg diinginkan.
6)      Setelah semuanya jd siapakan sterofom untuk alasnya dan tata seperti miniatur rumah lainnya.
7)      Setelah disusun dan sudah rapih, hiasilah sesuai selera dan juga buatlah jalan,pintu, dan jendela dgn menggunakan spidol.

10.  Bisnis Keranjang Buah dari Stik Es Crim

Bahan dan alat yang perlu di siapkan, adalah :
·        Stik es crim kurang lebih 173 buah (4 ikat)
·        Lem kayu
·        Vernis atau politur
·        Kuas

Langkah – langkah membuat keranjang buah sebagai berikut :
1.  Jajarkan 10 sampai 11 buah stik es crim, lalu tempelkan 2 buah stik di atasnya menggunakan lem kayu.
2.      Tempelkan 2 buah stik diatsnya dengan menggunakan lem kayu.
3.      Balik alas yang telah jadi, kemudian buatlah belah ketupat.
4.      Buat lagi bujur sangkar atau segi empat di atasnya.
5.      Kerjakan kembali langkah 3 dan 4 secara berulang – ulang sampai dengan 7 atau 8 susun.
6.      Kembangkan dengan ukuran setengah lebar stik.
7.      Setelah 3 susun, pada susunan ke 3, doubelkan atau tempelkan 2 buah stik agar mulut keranjang agak lebar.
8.      Kerjakan kembali langkah 6 secara berulang –ulang sampai ketemu antara ujung dengan ujung stik.
9.      Antara ujung dengan ujung sudah ketemu.
10.  Setelah ketemu antara ujung dengan ujung stik, tempelkan stik sebanyak 3 atau 4 susun tanpa di kembangkan.
11.  Tempat keranjang buah yang telah jadi, kemudian warnai menggunakan vernasi agar tampak cerah dan mengkilap.


BAB III PENUTUP
Kesimpulan

            Sebenarnya banyak karya yang telah di hasilkan dari limbah stik es crim ini. Jika kita mau membuka peluang bisnis ini maka akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Bisnis itu tidak harus di dasari dengan hal – hal yang besar, kita awali dulu dari yang kecil – kecil dahulu dan nanti dengan berjalannya waktu Insya Allah bisnis kita akan berkembang. Tidak harus modal uang untuk berbisnis, dengan modal tangan seni – pun kita bisa memulai sebuah bisnis. Karena bisnis yang tanpa keahlian – pun jug tidak akan bisa berkembang.

Tujuan bisnis tidak lebih dan tidak lain adalah memperoleh keuntungan karena semua orang yang berbisnis mulanya berawal dari fikiran-fikiran dan keinginan mereka untuk memperoleh keuntungan sehingga muncul inisiatif untuk menjalankan bisnis dari keinginan mereka tersebut.
Meskipun tujuan utama mereka adalah memperoleh keuntungan namun hal tersebut bukan berarti bahwa mereka tidak mempunyai tujuan lain selain tujuan tersebut, masih banyak tujuan-tujuan para pembisnis yang ingin mereka raih dan tujuan antara satu dan yang lainya bisa saja berbeda. Tujuan lain yang ingin dicapai oleh pelaku bisnis itu diantaranya :

  1.      Ingin mencukupi berbagai kebutuhannya
  2.      Untuk memakmurkan keluarga
  3.      Ingin namanya dikenal banyak orang
  4.      Karena ingin menjadi penerus usaha keluarga
  5.      Ingin mencoba hal baru
  6.      Ingin memanfaatkan waktu luang
  7.      Ingin mempunyai usaha sendiri dan tidak bekerja pada orang lain.
  8.      Ingin mendapat simpati, dan sebagainya.

Meskipun tujuan-tujuan seperti diatas telah mereka capai, namun mereka akan terus memiliki keinginan-keinginan lain dan keinginan itu bisa saja menjadi bagian dari tujuan bisnis mereka. Karena bagaimanapun juga keinginan dan kebutuhan tiap orang akan terus bertambah dan tidak menutup kemungkinan jika keinginan yang mereka miliki akan mereka jadikan tujuan bisnis yang mereka ciptakan.

Semoga karya ilmiah ini dapat memberikan motifasi kepada teman – teman semua untuk terjun dalam dunia bisnis. Bisnis itu asyik jika kita pandai memainkan otak kita, dan banyak cara ataupun tips – tips sukses dalam berbisnis yang telah saya jelaskan pada karya ilmiah yang sebelum – sebelumnya. Apakah kita nantinya hanya akan menjadi seorang karyawan saja? Tentu saja tidak. Semua orang pasti ingin memiliki dan mendirikan sebuah bisnis sendiri, dan semua orang pasti ingin merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang pegusaha yang sukses itu. ‘’’Janganlah takut sebelum memulai sesuatu (sebuah bisnis), , , Karena ketakutan akan membuat diri kita menjadi lemah dan pasrah akan nasib. . .’’’

Referensi

Pemikiran sendiri





0 komentar:

Posting Komentar