Jumat, 06 Maret 2015

PELUANG BISNIS KULIT PISANG

KARYA ILMIAH
PELUANG BISNIS “KULIT PISANG”



Yang Di Susun Oleh :
Nama    : Pungki Ana Dewi
NIM      : 14.11.7751
Kelas    : 14-S1TI-03

STIMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2014/2015


KATA PENGANTAR

Rasa syukur yang dalam saya sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Pemurah, karena berkat kemurahanNya karya ilmiah ini dapat saya selesaikan sesuai yang diharapkan. Dalam karya ilmiah ini saya membahas tentang “Peluang Bisnis Kulit Pisang”, adalah sebuah bisnis kulit pisang yang mempunyai banyak peluang di dalamnya.
Makalah ini dibuat dalam rangka untuk melengkapi tugas kuliah lingkungan bisnis semester genap tahun akademik 2014/2015 STMIK “AMIKOM” YOGYAKARTA.
Dalam proses pembuatankarya ilmiah ini, tentunya saya mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi dan saran, untuk itu rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya saya sampaikan kepada : Rektor AMIKOM, Prof.Dr.M Suyanto, M.M yang telah memberikan tugas ini sehingga saya bisa menemukan beberapa peluang bisnis yang dengan modal sedikit tetapi memperoleh keuntungan yang luar biasa.
Karya ilmiah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan, maka penulis berharap kepada seluruh pihak agar dapat memberikan kritik dan juga saran seperlunya demi untuk memperbaiki karya ilmiah ini.
 Demikian karya ilmiah ini saya buat, semoga memberikan faedah dan manfaat bagi saya khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya.





                                                                               Yogyakarta, 02 Maret 2015



        Pungki Ana Dewi

BAB I PENDAHULUAN
Abstrak
            Peluang adalah sebuah kesempatan, sedangkan bisnis adalah suatu usaha yang kita mulai untuk mendapatkan sebuah keuntungan. Sehingga peluang bisnis adalah kesempatan usaha yang akan kita dirikan sesuai dengan kebutuhan para konsumen demi untuk mendapatkan sebuah keuntungan. Peluang itu tidak akan datang dua kali, jadi ketika kita sudah menemukan ide peluang bisnis maka segeralah untuk memulai bisnis tersebut tapi jangan lupa untuk mempertimbangkan beberapa faktor terlebih dahulu diantaranya seperti faktor modal. Karena kebanyakan bisnis yang baru saja di buka itu gagal hanya karena modal yang kurang mencukupi. Disini akan di jelaskan tentang beberapa masalah yang akan di hadapi dalam sebuah bisnis baru dan di sertai dengan solusinya di antaranya adalah :
Setiap bisnis yang akan baru dibangun pastinya akan memiliki berbagai jenis masalah. Dan setiap masalah yang ada juga terdapat solusi yang ditawarkan. Berikut pembahasan mengenai masalah dan solusi bagi sebuah bisnis baru.
~ Masalah
Masalah dalam Peluang Bisnis Baru adalah sebagai berikut :
1.      Kurangnya obyektivitas
2.      Kurangnya kedekatan dengan pasar
3.      Pemahaman kebutuhan teknis yang tidak memadai
4.      Diabaikannya kebutuhan finansial
5.      Kurangnya diferensiasi produk
6.      Pemahaman terhadap masalah-masalah hukum yang tidak memadai

            Selain masalah masalah diatas terdapat pula beberapa masalah dalam memulai usaha baru yang biasanya menjadi bahan pertimbangan calon wirausahawan :
1.      Modal
Biasanya orang yang hendak mulai usaha selalu mengkambinghitamkan modal. “Modalnya dari mana?” Padahal, ada banyak cara mendapatkan modal. Dan lagi modal itu tidak melulu soal uang, modal itu juga bisa berupa ide, berupa tenaga, dan lainnya.
            Beberapa masalah yang sering ditemui dalam pencarian modal antara lain :
1.      Kurangnya ketajaman bisnis (misal : tidak jeli melihat peluang, tidak dapat mengadaptasi masalah dengan baik)
2.      Kurangnya pengalaman bisnis
3.      Harus dapat mengidentifikasi lebih dahulu kebutuhan modal (baik secara finansial maupun berupa mesin)
4.      Harus ada proyeksi laba dan proyeksi mengenai tingkat pengembalian investasi
5.      Harus ada identifikasi tujuan dari penggunaan modal usaha
Masalah yang berkaitan dengan kesulitan yang biasanya dihadapi wirausahawan antara lain :
a)      Kinerja atau konsep perusahaan yang meragukan
b)      Kegagalan perusahaan untuk menindaklanjuti
c)      Kurangnya pengalaman dan ketajaman bisnis
d)      Preferensi dari pemodal
e)      Kurangnya hubungan dengan sumber-sumber modal

2.      Menunda mulai bisnis
Sering kan anda dengar “Wah usaha itu seperti yang sudah saya pikirkan satu tahun lalu. Tapi sayangnya saya tak segera mengeksekusinya.”
3.      Sepi pelanggan
Saat bisnis sudah mulai, pembeli atau pelanggan tidak kunjung datang. Ini merupakan masalah bisnis yang serius yang kerap dialami pebisnis pemula.
4.      Kesulitan meningkatkan penjualan
Mungkin bisnis bisa berjalan, tapi untuk meningkatkannya kesulitan. Sulit untuk memperluas jaringan, sulit untuk meningkatkan penjualan, sulit untuk menembus pasar baru.
5.      Gagal melakukan marketing yang jitu
Sudah mencoba beriklan dan melakukan pemasaran, namun hasilnya tidak sesuai harapan. Berarti ada masalah pada cara marketing yang dilakukan.

~ Solusi
Solusi untuk menghadapi masalah di atas adalah :
§  Mempertahankan sikap obyektivitas dan selalu mencari gagasan bagi produk atau jasa.
§  Dekat dengan segmen pasar yang ingin dimasuki.
§  Memahami persyaratan teknis dari produk atau proses.
§  Menelusuri secara mendetail kebutuhan finansial bagi pengembangan dan produksi.
§  Mengetahui kendala hukum yang diterapkan pada produk atau jasa.
§  Menjamin bahwa produk atau jasa menawarkan keuntungan tertentu yang membedakannya dari pesaing.
§  Melindungi gagasan kreatif melalui hak paten, hak cipta, merekdagang dan merek jasa.

Kebanyakan orang itu mengalami kegagalan dalam bisnis hanya karena modal yang tidak mencukupi. Di sini akan saya akan menjelaskan tentang peluang bisnis yang tidak memerlukan modal yang banyak. Sebenarnya banyak di luar sana peluang bisnis yang tanpa modal banyak bahkan bisnis tanpa modal – pun ada. Karya ilmiah ini akan membahas tentang peluang bisnis “Kulit Pisang”. Kenapa saya mengambil peluang ini? Karena peluang ini adalah peluang yang brilian dan kreatif tentunya. Peluang ini tidak membutuhkan modal besar cukup dengan modal yang sedikit saja sudah bisa memulai ataupun membuka peluang bisnis ini. Kebanyakan orang menganggap kulit pisang ini hanya sebagai sampah yang tidak berguna, bahkan sebenarnya bisnis ini memiliki peluang yang sangat banyak. Sampah itu tidak selamanya menjadi sampah, dan tidak selamanya akan merugikan kita jika kita mau berfikir kreatif.
Semoga karya ilmiah ini nantinya akan membantu teman – teman dalam menemukan sebuah peluang bisnis, kita harus pandai – pandai memanfaatkan sampah untuk di sulap menjadi sesuatu yang akan memberikan keuntungan kepada kita. Jangan takut memulai bisnis hanya karena modal, sebab tanpa modal – pun kita bisa memulai bisnis. Tingkatkan – lah dan asahlah kemampuan kita supaya kita bisa memulai bisnis yang hanya bermodalkan sebuah kemampuan. Mari kita memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang akan mendatangkan keuntungan. .Jangan sampai kita yang akan di manfaatkan bahkan di matikan oleh sampah. .



BAB II ISI
Isi
          Buah pisang adalah buah yang mempunyai banyak manfaat, mulai dari daun, pelepah pisang, bunga pisang, umbi batang, dan buahnya dapat di manfaatkan. Namun tak hanya itu saja, kulit buah pisang pun juga dapat untuk dimanfaatkan. Selama ini ketika kita memakan buah pisang, kita hanya memakan buah dalamnya dan langsung membuang kulit pisang begitu saja. Terkadang kita juga membuang kulit pisang disembarang tempat dan hal itu bisa membahayakan orang lain. Ketika mereka menginjak kulit pisang tersebut bisa saja mereka terpeleset lalu jatuh. Dan sebenarnya kulit pisang itu bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar makanan.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kulit adalah lapisan yang ada di luar sekali. Pisang adalah tanaman jenis Musa, buahnya berdaging dan dapat dimakan, ada bermacam-macam jenis pisang misalnyapisang ambon, barangan, raja, raja sereh, uli, dan sebagainya. Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam.  Jadi dapat disimpulkan bahwa kulit pisang adalah bagian paling luar dari tanaman jenis Musa yang dagingnya dapat dimakan yang tersusun dalam tandan dengan kelompok menjari yang disebut sisir. Sifat kimia yang dimiliki kulit pisang yaitu memiliki gizi yang cukup tinggi dan mudah teroksidasi dengan ditandai perubahan warna pada kulit pisang.
Selain buahnya yang mengandung banyak vitamin, kulit pisang pun juga memiliki kandungan gizi yang cukup dan juga serotonin yang sanagat vital untuk menyeimbangkan mood. Hasil penelitian tim Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan, memperlihatkan bahwa ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi mengurangi gejala depresi dan menjaga kesehatan retina mata.
Kulit pisang yang sering dianggap tak berharga itu ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menyerap logam berat artinya dapat untuk memurnikan air. Kulit pisang itu tidak perlu dimodifikasi atau ditambahkan bahan – bahan lain hanya cukup dengan mencincangnya kecil – kecil lalu dimasukkan  ke dalam air yang tercemar. Dari manfaat – manfaat kulit buah pisang tadi kulit buah pisang akan dimanfaatkan sebagai bahan dasar makanan. Kita tahu bahwa kerupuk yang sering kita juai terbuat dari bahan yang enak dan lezat, seperti misalnya kerupuk udang, kerupuk ikan, dan jenis kerupuk lainnya, padahal bisa saja kerupuk itu kita buat dari kulit buah pisang.
v  Kandungan dalam Kulit Pisang
Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.  Nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat.  Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, klorida, kalium, dan besi. Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral pisang, khususnya besi, hampir seluruhnya dapat diserap tubuh. Secara sederhana kulit buah pisang segar dapat dipergunakan sebagai bahan baku pembuatan alkohol, termasuk anggur, karena selain mengandung gula, juga mempunyai aroma yang menarik.
Hasil analisis kulit pisang di Indonesia menunjukkan bahwa kulit pisang memiliki kandungan–kandungan makanan yang cukup tinggi. Untuk mengetahui lebih jelas kandungan dalam kulit pisang dapat dilihat dari tabel 1.
Tabel 1. Kandungan dalam Kulit Pisang
Kandungan dalam kulit pisang
Jumlah
Air (%)
Karbohidrat (%)
Lemak (%)
Protein (%)
Kalium (mg/100gr)
Fosfor (mg/100 gr)
Besi (mg/100 gr)
Vitamin :
B (mg/100gr)
C (mg/100gr)
68,90
18,50
2,11
0,32
71,5
11,7
1,6

0,12
17,5

v  Peluang Bisnis “Kulit Pisang”
Mencermati kandungan zat aktifnya yang cukup kompleks, adalah sangat wajar jika kemudian kulit pisang juga memiliki beragam manfaat. Kita bisa menggunakan berbagai manfaat yang di miliki oleh pisang ini menjadi peluang bisnis. Berikut ini beberapa peluang bisnis yang di hasilkan dari “Kulit Pisang”, yaitu :
Bisnis Kripik Kulit Pisang
Pisang merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C, A, mineral, serat dan kandungan gizi lain yang bermanfaat untuk tubuh. Orang sudah banyak mengakui kelezatan dan kandungan gizi pada buah pisang. Namun belum banyak yang melirik kelezatan kulit pisang. Selama ini orang hanya menikmati buahnya saja.
Kulit pisang merupakan hasil samping dari pemanfaatan pisang yang dapat dijadikan makanan ringan seperti keripik kulit pisang. Walaupun kulit pisang merupakan hasil samping, namun kandungan gizinya tak kalah dari buahnya. Kulit pisang mengandung serat yang cukup tinggi, vitamin C, B, kalsium, protein, dan karbohidrat. Hasil penelitian tim Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan, memperlihatkan bahwa ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi mengurangi gejala depresi dan menjaga kesehatan retina mata. Selain kaya vitamin B6, kulit pisang juga ternyata banyak mengandung serotonin yang sangat vital untuk menyeimbangkan mood. Selain itu, ditemukan pula manfaat ekstrak pisang untuk menjaga retina dari kerusakan cahaya akibat regenerasi retina.
Manfaat kulit pisang dapat dinikmati dalam keripik kulit pisang. Hal ini menjadi peluang bisnis baru. Para pengusaha keripik pisang tidak perlu ragu untuk memanfaatkan kulit pisang menjadi olahan keripik kulit pisang. Kelezatan keripik kulit pisang tak kalah dengan keripik pisang. Untuk memberikan variasi rasa, taburkan bumbu tabor pada keripik kulit pisang. Pilih bumbu tabur aneka rasa untuk memberikan sensasi rasa yang berbeda.
Kriuk – kriuk keripik kulit pisang dapat dikemas dalam kemasan plastic PP (Poliprophilen). Pilihlah plastic PP dengan ketebalan yang cukup agar produk tetap renyah. Pengemasan sebaiknya menggunakan sealer (penyegel), jangan menggunakan lilin. Berilah label pada kemasan plastic. Sebaiknya label tidak dimasukkan dalam kemasan sehingga kontak langsung dengan produk. Hal ini dilakukan untuk menjaga sanitasi dan higienitas produk.
Berikut adalah cara pembuatan keripik kulit pisang :
Bahan yang di perlukan,  adalah :
1.      Kulit pisang
2.      Air kapur
3.      Garam
4.      Gula
5.      Tepung
6.      Minyak goreng
Cara pembuatan, adalah :
1.      Siapkan kulit pisang dan cuci hingga bersih.
2.      Buat larutan kapur dengan mengambil setengah sendok teh kapur ke dalam 1 liter air.
3.      Rendam kulit pisang dalam larutan air kapur selama 20 menit.
4.      Buat larutan garam dengan mengambil satu sendok teh garam dan dilarutkan dalam satu liter air.
5.      Kemudian rendam kulit pisang dalam larutan garam selama 20 menit
6.      Buat larutan gula dengan mengambil 3 sendok makan gula dan dilarutkan dalam satu liter air.
7.      Rendam kulit pisang dalam larutan gula selama 20 menit.
8.      Jemur kulit pisang hingga kering (8 jam) .
9.      Goreng kulit pisang kering hingga kuning kecoklatan.
10.  Jika menginginkan penggorengan dengan tepung, lakukan kembali langkah nomor 4-7 dan masukkan kulit pisang dalam adonan tepung.
11.  Setelah terlihat keripik pisang mulai berwarna kuning, angkat dari penggorengan dan tiriskan.
12.  Sajikan keripik kulit pisang dengan minuman hangat sebagai hidangan di sore hari.
Bisnis Jelly Kulit Pisang
Langkah kerjanya, adalah :
1.      Timbang kulit pisang ambon/nangka yang sudah matang sebanyak 2 kg, cuci dan potong-potong kecil tirtiskan
2.      Rebus kulit pisang air bersih sebanyak 4 liter beri 1 sdt  sitrunzuur hingga air rebusan tinggal setengahnya ( 2 Liter sari kulit pisang)
3.      Angkat dan diamkan selama semalam
4.      Saring dengan kalin saring hingga diperoleh sari kulit pisang dan ampasnya.
5.      Masak sari kulit pisang tambahkan gula pasir hingga kental ditandai dengan cara celupkan garpu makan, bila sudah terlihat seperti cocor bebek  pada sela garpunya maka jelly sudah jadi kemudian angkat dan tuangkan dalam gelas jam  tutup rapat
Komposisi bahan Jelly Kulit Pisang, adalah :
·        2  Kg  kulit pisang  nangka / ambon yang masih segar
·        4  liter air bersih (untuk ekstraksi sari kulit pisang)
·        400  gram  gula pasir
·        1  sdm sitrunzuur / Citrit acid
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Jelly Kulit Pisang, adalah :
1)      Pemilihan  Bahan Baku
            Kulit pisang yang akan digunakan dalam pembuatan jelly sebaiknya yang masih berwarna hijau tapi pisangnya sudah matang, karena kulit pisang tersebut banyak mengandung pektin  yang sangat diperlukan dalam keberhasilan pembuatan jelly. Apabila bahan baku kurang mengandung pektin maka jelly yang dihasilkan akan encer tidak  berbentuk gel. Cara tes kandungan pektin yang sederhana, yaitu dengan cara ambil 1 sendok makan sari kulit pisang hasil ekstraksi kemudian tuangkan dalam pisin kemudian teteskan alkohol 70 %. Apabila pada sari kulit tersebut menggumpal maka sari kulit pisang dapat dibuat jelly.
2)      Proses Ekstraksi  Sari Kulit Pisang
            Proses ini meliputi pencucian, pemotongan kulit pisang, perebusan kemudian dibiarkan selama semalam. Keesokan harinya baru disaring dengan menggunakan kain saring bersih sehingga diperoleh sari kulit pisang dan ampasnya. Hasil ekstraksi ini disebut sari kulit pisang sebagai bahan  utama pembuatan jelly.
3)  Pemasakan Sari Kulit Pisang
            Pemasakan sari kulit pisang diberi gula pasir sesuai dosis/takaran yang dianjurkan. Gunakan api sedang agar jelly hasilnya bagus. Bila apinya terlalu besar, maka yang terjadi bukan jelly tetapi gulali.  

Bisnis Brownis Kulit Pisang
Alat yang di  butuhkan, adalah :
§  Pisau 2 buah
§  Mangkuk 2 buah
§  Kompor 1 buah
§  Oven 1 buah
§  Blender 1 buah
§  Talenan 1 buah
§  Sendok 2 buah
§  Ayakan 1 buah
§  Cetakan 30 buah

Bahan yang di butuhkan, adalah :
a)      Kulit Pisang 500 gram (30 biji)
b)      Tepung Terigu 125 gram
c)      Gula Putih 250 gram
d)      Telur 250 gram
e)      Minyak Goreng 250 gram
f)        Beaking Powder 20 gram
g)      Air 100 ml

Cara Membuat brownies kulit pisang, yaitu :
1.       Kulit pisang dicuci hingga bersih
2.       Setelah kulit pisang bersih, kupas bagian terluar kulit.
3.       Potong kulit pisang kecil-kecil.
4.       Setelah kulit pisang dipotong kecil-kecil, lalu dimasukan kedalam blender dan menambahkan air.
5.       Sambil menunggu, telur dan gula dikocok hingga mengembang dengan menggunakan mixer
6.       Lalu menambahkan minyak goreng dan aduk kembali.
7.       Kemudian masukan kulit pisang yang telah diblender kedalam adonan dan aduk kembali sambil memasukan beaking powder,
8.       Setelah adonan merata, lalu menyiapkan cetakan dan memasukan adonan kedalam cetakan.
9.       Tambahkan hiasan seperti kacang atau mesis di atas adonan yang telah dicetak.
10.   Setelah itu masukan adonan yang sudah dicetakan ke dalam oven.
11.   Lalu adonan dioven hingga ± 20 menit, sampai adonan matang
12.   Setelah matang keluarkan dari oven
13.   Diamkan sebentar, dan siap disajikan.
Bisnis Manisan Kering Kulit Pisang
Kulit pisang merupakan limbah industri pengolahan buah pisang yang kurang termanfaatkan sehingga berpotensi menjadi masalah sampah seiring peningkatan produksi buah pisang. Padahal, menurut beberapa pustaka, kulit pisang masih mengandung gizi yang cukup untuk dijadikan makanan. Kami telah mengolah kulit pisang menjadi manisan kering. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah nilai guna sampah dan mamberikan alternatif penanggulangan masalah sampah, khususnya dari buah pisang, sehingga dapat meningkatkan efisiensi pengolahan pisang dengan prinsip zero waste. Selain itu, diharapkan juga dapat meningkatkan kreativitas dan jiwa benwirausaha mahasiswa.
Proses Pembuatan manisan kering kulit pisang, adalah :
1)      Diawali dengan pengupasan kulit dari buahnya, sortasi,
2)      Kemudian direndam dalam air kapur sirih selama 12 jam.
3)      Setelah itu, kulit dibilas dengan air bersih yang mengalir,
4)      Kemudian direbus selama 30 menit hingga mendidih, disaring dan ditiriskan.
5)      Kulit dimasukkan ke teflon dan ditambahkan gula pasir dan vanili,
6)      Kemudian dimasak hingga tak berair lagi.
7)      Setelah masak, manisan dijemur di atas nampan + 8 jam
8)      Kemudian dioven hingga kering.
9)      Setelah itu, angkat manisan tersebut dari oven kemudian siap untuk di hidangkan.
Bisnis Krupuk Kulit Pisang
Cara Pengolahan Kerupuk Kulit Pisang, yaitu :
Bahan yang di butuhkan, adalah :
a.       Kulit Pisang
b.      Tepung Tapioka
c.       Garam
d.      Bawang Putih
e.       Air secukupnya
Alat yang di butuhkan, adalah :
a.       Blender
b.      Baskom
c.       Panci penggorengan
d.      Alat penumbuk
e.       Minyak goreng
f.        Spatula
Cara Pembuatannya, adalah :
1.      Pertama kulit pisang dibersihkan dengan menggunakan air kapur untuk menghilangkan getah dan noda – noda hitamnya.
2.      Setelah itu dibilas dan direbus hingga matang.
3.      Setelah matang, kulit pisang dihaluskan dengan menggunakan blender.
4.      Campur kulit pisang yang sudah halus dengan air dan tepung tapioka.
5.      Buat bumbu pisang yang terdiri dari bawang putih dan garam.
6.      Campurkan adonan kulit pisang dan tepung dengan bumbu hingga mengental.
7.      Lalu bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan cetak menjadi leengan dengan alat penumbuk.
8.      Jemur leengan hingga kering.
9.      Kerupuk siap untuk digoreng.
Bisnis Penjernihan Air Dengan Kulit Pisang
Kulit pisang yang dihaluskan dapat digunakan berulang kali untuk menjernihkan air yang terkontaminasi oleh polusi dari industri tanaman dan pertanian. Kulit pisang dapat digunakan sebanyak 11 kali untuk melakukan proses penjernihan dan masih tetap efektif. Dalam Makalah yang berjudul “Banana Peel Applied to the Solid Phase Extraction of Copper and Lead from River Water: Preconcentration of Metal Ions with a Fruit Waste” menyebutkan bahwa kulit pisang dapat digunakan dengan biaya yang sangat murah serta tidak diperlukannya bahan kimia untuk melakukan prosedur penjernihan air.

Gustavo Castro mencatat bahwa dalam proses pertambangan, peternakan, dan sampah industri dapat mencemari air dengan kandungan logam berat seperti timah dan tembaga. Logam berat ini dapat merugikan kesehatan serta merusak lingkungan. Dan metode yang sekarang digunakan untuk menyingkirkan logam berat dari sumber air sangatlah mahal serta zat-zat yang diperlukan dalam proses penjernihan air itu sendiri juga beracun dan membahayakan bagi kesehatan dan lingkungan.

Senyawa di dalam kulit pisang terdiri dari atom nitrogen, sulfur dan senyawa organik seperti asam karboksilat. Asam ini mengandung muatan negatif yang bila di bebankan sedemikian rupa dapat menyerap logam yang bermuatan positif yang terkandung dalam air yang tercemar logam berat.
Bisnis Pembuatan Energi Alternatif (Sumber Arus) Dari Kulit Pisang
            Arus listrik adalah aliran muatan listrik.  Arus listrik mengalir dalam suatu rangkaian karena adanya beda potensial antara dua titik dalam rangkaian yaitu dari titik berpotensial tinggi ke titik berpotensial rendah.  Syarat adanya arus listrik mengalir di antaranya harus ada beda potensial (sumber tegangan) dan ada penghantar (kabel/kawat) yang menghubungkan beda potensial. Sumber arus listrik adalah zat yang dapat menghasilkan beda potensial listrik atau arus listrik, atau gaya gerak listrik, atau sumber arus listrik. Alat untuk mengukur arus listrik disebut amperemeter. Sedangkan alat untuk mengukur tegangan listrik atau beda potensial listrik adalah voltmeter.
Alat dan Bahan
              Pembuatan rangkaian sumber arus listrik dari kulit pisang membutuhkan alat dan bahan sebagai berikut
a)      Air rendaman kulit pisang
b)      Konektor
c)      Aki bekas
d)      LED
e)      Amperemeter 
f)        Voltmeter
g)      Lempengan seng
h)      Lempengan tembaga
           
Cara Perancangannya, adalah :
Pembuatan Larutan dari Kulit Pisang
Cara membuat larutan dari kulit pisang tidaklah sulit.  Kita cukup mencari kulit pisang yang pisangnya mempunyai rasa manis, kulit pisang diperoleh dari limbah orang yang berjualan piscok (pisang coklat).  Setelah itu kulit pisang yang diperoleh dipotong menjadi kecil-kecil dan direndam dalam air dengan perbandingan campuran 500 gram kulit pisang dan 500 mL air. Dalam proses perendaman sebaiknya di masukkan kedalam wadah yang tertutup dan kedap udara dalam suhu kamar, lalu didiamkan selama 3 hari. Semakin lama waktu penyimpanan maka arus listrik yang diperoleh semakin baik karena akan semakin banyak komponen asam.  Namun perlu diingat bahwa wadah perendaman tidak boleh di isi terlalu penuh.  Sisakan minimal sekitar satu per enam dari volume total wadah tersebut.
Perancangan rangkaian  sumber arus listrik dari Kulit Pisang
Dalam perancangan rangkaian sumber arus listrik diperlukan kecermatan, supaya arus listrik dapat mengalir sesuai dengan yang diharapkan. Adapun langkah-langkah perancangan rangkaian sumber arus listrik dari kulit pisang adalah sebagai berikut :
1.      Tempat wadah aki bekas yang telah diambil timbalnya dan dibersihkan. 
2.      Siapkan lempengan tembaga  dan lempengan seng sesuaikan ukuran lempengan tembaga dengan seng sesuai wadah.  Minimal 6 cm´4 cm.
3.      Ambil air yang telah direndam dengan kulit pisang selama minimal 3 hari, ke dalam wadah aki bekas.
4.      Susun seng dan tembaga disetiap ruang berisi 1 pasang.
5.      Sambungkan seng dengan tembaga dari ruang yang berbeda dengan menggunakan konektor penjepit.
6.      Kemudian ukur dan cek berapa besar arus listrik yang dihasilkan dengan alat pengukur arus listrik yaitu amperemeter dan voltmeter
7.      Setelah itu hubungkan ke LED untuk mengukur berapa lama LED dapat menyala dengan menggunakan sumber arus listrik yang berasal dari kulit pisang.


Memahami tentang kandungan zat aktifnya yang cukup kompleks, adalah sangat wajar jika kemudian kulit pisang juga memiliki beragam manfaat. Berikut beberapa manfaat kulit pisang yang dikutip dari berbagai sumber, yaitu :
  • Sebagai penambah mood. Tahukah Anda bahwa kulit pisang kaya akan zat serotonin. Zat ini bertanggungjawab atas rasa bahagia dalam tubuh manusia. Dan dengan rutin mengkonsumsi kulit pisang, akan membantu Anda lebih rileks dan bahagian tentunya. Di luar negeri, smooties pisang selalu bercampur bersama kulit. Sementara di Indonesia, smoothies pisang hanya berupa daging pisang yang dihaluskan.
  • Sebagai pereda nyeri. Kulit pisang mengandung sejumlah minyak nabati juga sneyawa tertentu yang sangat baik meredam rasa nyeri. Caranya cukup mudah, tenpekan kulit pisang yang sudah dibersihkan dan juga masih dalam keadaan segar pada bagian tubuh Anda yang mengalami rasa nyeri karena terbakar atau tergores benda tajam.
  • Mengatasi rasa gatal. Jika Anda sering merasakan gatal akibat gigitan serangga dan juga semut, gunakan kulit pisang. Cukup tempelkan di permukaan kulit yang gatal.
  • Mengusir kutil pengganggu. Kutil memang biasanya kecil, tapi tetap saja mengganggu. Hal ini bisa Anda atasi dengan kulit pisang. caranya cukup tempelkan kulit pisang pada kutil, tahan lalu rekatkan dengan plaster dan biarkan selama mungkin. Lakukan hal ini sampai kutil berhenti tumbuh dan hilang sepenuhnya dari kulit.
  • Mempercepat penyembuhan luka. Jika And apunya luka yang sudah tertutup lapisan kulit menghitam dan tampak mengganggu, cukup tempelkan kulit pisang agar lapisan kulit hitam tersebut segera hilang tanpa bekas.
  • Melenyapkan sakit kepala. Caranya, cukup haluskan kulit pisang dan tempel pada bagian kepala seperti mengkompres. Dalam beberapa waktu, sakit kepala Anda akan hilang.
  • Melenyapkan jerawat. Caranya sama seperti yang lain. Cukup ditempelkan. Bisa juga dihaluskan dan kemudian dibuat seperti masker. Gunakan di malam hari.














BAB III PENUTUP
Kesimpulan
            Pisang merupakan buah yang sangat mudah untuk di temukan terutama di Negara Indonesia ini. Jadi tidak sulit untuk mendapatkan limbah kulit pisang ini, karena pasti banyak yang mengonsumsi buah ini. Kebanyakan orang hanya menyukai isinya dan tidak memikirkan manfaat dari kulit pisang ini. Walaupun hanya sebagai limbah tetapi kulit pisang memiliki peluang bisnis yang menguntungkan. Siapa sih yang tidak mau mendapatkan uang dari hasil bisnisnya sendiri? Semua orang yang mendirikan bisnis pasti menginginkan akan adanya sebuah keuntungan. Bisnis “Kulit Pisang” ini akan memberikan keuntungan yang luar biasa jika kita dapat mengembangkannya. Karena kita tidak membutuhkan modal yang begitu besar, kita hanya membutuhkan sedikit modal. Di atas telah di jelaskan bagaimana caranya untuk mengatasi masalah tentang modal dalam bisnis.
            Marilah teman – teman kita belajar memulai ataupun membuka sebuah peluang bisnis yaa walaupun kita tidak memiliki banyak modal. Tetapi jangan berkecil hati karena tanpa modal – pun kita bisa memulai bisnis, karena banyak peluang di luar sana yang tidak kita sadari. Sebenarnya bisnis itu akan memberikan manfaat yang banyak untuk kita semua, diantaranya adalah :
a)      Peluang untuk mengendalikan nasib sendiri. Mendirikan sesuatu bisnis memberikan kebebasan dan peluang pada wirausahawan untuk mencapai sasaran yang penting baginya.
b)      Kesempatan melakukan perubahan. Semakin banyak wirausahawan yang memulai bisnis karena melihat kesempatan untuk membuat perubahan.
c)      Peluang untuk menggunakan potensi sepenuhnya. Bisnis yang dimiliki wirausahawan  merupakan alat untuk pernyataan dan aktualisasi diri.
d)      Peluang untuk meraih keuntungan tanpa batas. Meskipun uang bakan daya dorong utama bagi wirausahawan, keuntungan dari bisnis mereka penting sebagai faktor motivasi.
e)      Peluang melakukan sesuatu yang anda sukai. Kebanyakan wirausahawan yang telah berhasil dalam bisnis tertentu karena mereka tertarik dan menyukai pekerjaan tersebut.
Semoga karya ilmiah ini memberikan manfaat untuk teman – teman semua dalam menemukan sebuah peluang bisnis. Jangan hanya karena tidak mempunyai modal kita gagal membuka peluang bisnis. Peluang bisnis itu sebenarnya terdapat di mana – mana jika kita teliti dalam melihatnya. Dan telah di jelaskan di atas peluang adalah melakukan sesuatu yang kita sukai, maka carilah peluang bisnis yang kita sukai dan tentunya sesuai dengan kemempuan kita. Kebanyakan wirausahawan yang telah berhasil dalam bisnis tertentu karena mereka tertarik dan menyukai pekerjaan tersebut. ‘’’Keberhasilan dalam suatu bisnis itu berawal dari Ketertarikan (Kesukaan) kita terhadap bisnis tersebut’’’
Referensi
§  Pemikiran sendiri





           




0 komentar:

Posting Komentar