Jumat, 06 Maret 2015

PELUANG BISNIS CONTENT WRITER

KARYA ILMIAH
PELUANG BISNIS TENTANG
“CONTENT WRITER”



Yang Di Susun Oleh :
Nama    : Pungki Ana Dewi
NIM      : 14.11.7751
Kelas    : 14-S1TI-03

STIMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2014/2015


Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan hidayahnya penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “Peluang Bisnis Content Writer”. Karya ilmiah ini di susun untuk memenuhi tugas mata kuliah Lingkungan Bisnis Semester Genap 2014/2015 STIMIK “AMIKOM”  YOGYAKARTA.  
Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada Yth :
1)      Prof.Dr.M Suyanto, M.M selaku ketua STIMIK “AMIKOM” YOGYAKARTA
2)      Bapak dan ibu selaku Dosen mata kuliah Lingkungan Bisnis Semester Genap
3)      Orang tua kami yang telah membantu baik moril maupun materi
4)      Teman - teman semua yang telah membantu memberikan masukan – masukan untuk  karya ilmiah ini. 
Saya menyadari bahwa dalam pembuatan karya ilmiah ini jauh dari sempurna, baik dari segi penyusunan, bahasan, ataupun penulisannya. Oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun, khususnya dari Prof.Dr.M Suyanto, M.M guna menjadi acuan dalam bekal pengalaman bagi saya untuk lebih baik  di masa yang akan datang.




Yogyakarta, 02 Maret 2015





         Pungki Ana Dewi

BAB I PENDAHULUAN
Abstrak


            Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Semua manusia di dunia ini pasti ingin mempunyai uang, untuk menghasilkan uang manusia tersebut membutuhkan bisnis maka manusia berlomba – lomba untuk mendapatkan dan mencari peluang bisnis yang brilian, setelah mendapatkan peluang bisnisnya pasti manusia itu ngin segera memulai bisnisnya iu, setelah bisnisnya berjalan dengan lancar maka pasti kita menginginkan akan adanya keuntungan ataupun (laba). Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
             Peluang Usaha adalah kesempatan yang pasti bisa didapatkan seseorang atau lebih dengan mengandalkan potensi diri yg ada dan dengan memanfaatkan berbagai kesempatan baik itu peluang usaha apa saja, yg bisa dgn sigap kita ambil dan pastinya yang akan memberikan keuntungan kepada kita. Dengan hanya mengandalkan potensi dan keahlian – pun kita sudah bisa memulai sebuah usaha ataupun bisnis yang menguntungkan. Semua bisnis itu tidak harus di dasari dengan modal yang muluk – muluk (besar), terkadang bisnis yang hanya bermodalkan sedikit bahkan tanpa modal pun bisa memberikan keuntungan yang sangat luar biasa untuk kita. Bisnis tanpa memerlukan modal itu bisa dan bahkan sudah banyak yang membuka bisnis tersebut, asalkan kita mau berfikir dan berinovasi maka tidak mustahil jika kita akan menemukan peluang usaha yang brilian khususnya yang tanpa modal. Selain kita mau memutar otak untuk berfikir dan berinovasi, kita juga bisa melihat dari kisah – kisah yang mengandung banyak motifasi dan inspirasi. Inspirasi adalah faktor yang sangat berpengaruh pada peluang bisnis, karena dengan inspirasi secara otomatis hati kita akan tergugah dan tersentuh oleh inspirasi tersebut. Terkadang jika kita melihat hal – hal yang sepele kita malah tidak memperdulikannya, sebenarnya itu salah karena sesungguhnya hal – hal yang sepele itulah yang nantinya akan memberikan kita motifasi dan inspirasi.
            Ada beberapa strategi atau tips dalam mencari ide usaha yang bisa kita manfaatkan dan kembangkan diantaranya, adalah :
Google, ya siapa yg tidak tahu mengenai mbah Google ? Cari peluang bisnis yg kira – kira mendekati dengan kemampuan dan kemauan kita, namun kadang sesuatu yang dianggap sulit jika dilakukan akan terasa ringan dan menarik. Jadi manfaatkan Google sebagai sarana mencari berbagai peluang bisnis yang ada di sekitar kita.
Main ke Toko Buku, saat ini sudah sangat banyak sekali buku – buku yang mengulas berbagai informasi peluang usaha ataupun peluang bisnis. Kita bisa memilih sesuai selera, dan semua bisa menjadi inspirasi bagi kita dengan menemukan ide peluang usaha.
Media Masa seperti Koran, Televisi dan Radio. Dari media masa inilah banyak ide – ide  peluang usaha yang diulas. Karena banyak para pembisnis yang sudah sukses dan memberikan tips – tips ataupun rahasia suksesnya kedalam media massa.
Pengalaman seseorang. Ya pengalaman seseorang yg berhasil maupun yg gagal dalam berbisnis bisa kita manfaatkan idenya dengan mengembangkan usaha atau bisnis baru kita. Berbagi pengalaman juga merupakan salah satu kunci kesuksesan.
            Pada intinya adalah hanya seseorang yang memahami arti dari pengertian peluang bisnis yang dapat berpikir kriatif serta berani mengambil risiko itulah yang dengan tanggap dan cepat memanfaatkan peluang. Peluang usaha yang telah di ambil tentu akan memiliki konsekuensi bagi pengambil keputusan. Jika berhasil dapat dikatakan mendapat keuntungan, namun jika gagal maka itu bagian dari resiko yg harus di hadapi. Namun demikian, hal itu dapat dijadikan pengalaman yang sangat berharga. Dalam dunia bisnis kita pasti akan bertemu yang bernama gagal dan berhasil, jika bisnis kita berhasil dan berkembang pesat janganlah kita sombong bahkan seharusnya kita berbagi pengalaman kepada orang – orang yang belum berhasil, karena dengan berbagi pengalaman itulah kita akan mendapatkan lebih banyak pengalaman dan ilmu yang lebih bermanfaat lagi, tetapi jika usaha kita gagal jaganlah berputus asa, karena itu bukan jalan yang tepat. Kegagalan adalah awal dari sebuah kesuksesan, dengan adanya kegagalan kita seharusnya termotivasi dan terinspirasi dari sebuah kegagalan tersebut.
            Karya ilmiah ini akan membahas tentang peluang bisnis “Content Writer”. Kenapa saya mengembil peluang bisnis ini untuk karya ilmiah ini? Karena ini merupan sebuah bisnis yang tanpa modal besar, kita hanya membutuhkan modal keahlian dan potensi. Tidak semua bisnis harus di awali dengan uang, tetapi dengan keahlian dan potensi – pun kita bisa menjai pembisnis yang sukses. Peluang bisnis yang akan dibuka sudah ditemukan dan modal – pun sudah ada tetapi jika bisnis itu tidak didasari dengan keahlian dan potensi maka mustahil bisnis itu mampu berkembang. Di dalam memulai bisnis kita juga harus menyesuaikannya dengan potensi dan keahlian kita jangan hanya sembarangan membuka bisnis tanpa mempertimbangkan berbagai hal. Seperti kita ketahui orang yang cacat – pun ingin membuka sebuah bisnis tetapi tidak mempunyai modal maka orang itu memanfaatkan keahliannya untuk mewujudkan mimpinya itu. Di balik kekurangan pasti ada kelebihan yang sangat luar biasa. Kita harus bisa terinspirasi dari kisah tersebut, kita memiliki tubuh yang normal dan lengkap tanpa kurang suatu apa pun maka kita seharusnya lebih bisa dalam memulai bisnis. Kita bisa memulai bisnis dari sesuatu yang dianggap orang – orang sepele, contohnya adalah bisnis “Content Writer” dalam bisnis ini kita hanya membutuhkan kemampuan menulis dan berfikir, karena disini kita akan membuat berbagai macam artikel dan akan kita publishkan ke media internet yang akan menghasilkan keuntungkan jika karya kita bagus dan brilian.
            Semoga karya ilmiah ini dapat memberikan motifasi dan inspirasi bagi teman – teman semua. Janganlah pernah kita memandang sesuatu yang sepele dengan sebelah mata, maknailah dah pahamilah dengan betul – betul sesuatu tersebut maka dengan begitu akan muncul ide untuk memulai sebuah peluang bisnis. Menulis adalah pekerjaan yang pasti semua orang bisa melakukannya, hanya dengan menulis kita akan mendapatkan uang. Dengan menulis kita dapat menghasilkan berbagai macam karya, misalnya seperti contoh penulisan artikel, makalah, karya ilmiah, proposal, dan masih banyak lagi karya yang dapat kita hasilkan dari menulis. Semoga karya ilmiah ini dapat memotifasi teman – teman untuk membuka sebuah peluang bisnis khususnya untuk peluang bisnis “Content Writer”. Banyak orang berkata bahwa mendirikan bisnis mandiri tanpa modal merupakan sesuatu yang tidak mungkin, tetapi jika kita mau memutar otak untuk berfikir itu semua akan menjadi mungkin, karena orang – orang Indonesia itu cerdas dan kreatif dalam menghasilkan sebuah uang. Tidak hanya dengan modal kita mampu memulai bisnis tetapi tanpa modal pun kita bisa membuka sebuah peluang bisnis yang sangat luar biasa begitu juga dengan keuntungan yang akan kita peroleh.



BAB II ISI
Isi
            Banyak orang yang mengatakan bahwa membangun bisnis mandiri tanpa modal merupakan sesuatu yang tidak mungkin. Hal tersebut memang tak terbantahkan apabila yang dimaksud adalah benar – benar tanpa modal keterampilan ataupun hobi namun apabila kita emiliki sebuah keterampilan tertentu ataupun hobi, bukan tidak mungkin untuk menjalankan sebuah usaha tanpa modal. Jika kita memiliki hobi menulis maka kita dapat memulai sebuah peluang bisnis yang sangat kreatif yaitu “Content Writer”, kita harus mampu untuk berfikir kreatif dan berinovasi untuk bisa menemukan peluang bisnis yang brilian. Hanya dengan keterampilan menulis kita bisa menghasilkan uang. Mula – mula bisnis ini hanya kecil – kecilan tetapi dengan ketekunan kita dan kekreatifan kita dalam menjalankan bisnis ini, tidak akan mustahil jika suatu saat nanti kita menjadi seorang penulis yang sangat terkenal di seluruh dunia. 
            Penulis ialah orang yang menulis atau bisa disebut dengan seorang pengarang, panitera, sekretaris, yang melahirkan pikiran atau perasaan dengan tulisannya. Hasil menulis dapat berupa tulisan berbentuk artikel, buku, karya ilmiah, surat, karangan cerita fiksi misalnya novel, cerpen, roman, puisi, dan lain sebagainya. Penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Kamu punya hobi membaca? Berbahagialah. Karena syarat menjadi penulis salah satunya adalah banyak membaca. Dengan membaca, kita jadi tahu segalanya. Hal yang sebelumnya menjadi misteri, setelah membaca, kita jadi mengerti. Membaca akan membuka wawasan kita tentang segala hal. Sangat menyenangkan sekali memang. Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan hanya karena hobi – pun kita bisa membuka sebuah peluang usaha. Menurut saya, menulis itu menyenangkan karena ketika kita menulis tanpa kita sadari banyak kata – kata dan ide – ide yang muncul di dalam otak kita yang pada akhirnya memberikan motifasi untuk hasil karya tulis kita. Orang yang cerdas akan mengembangkan hobi menulisnya ini menjadi sebuah peluang bisnis. Apabila kita ingin memulai bisnis maka carilah ide bisnis yang brilian, sebagai contoh peluang bisnis “Content Writer” yang akan di bahas pada karya ilmiah ini.
Content Writer adalah seorang pekerja yang bekerja menulis konten blog/website berdasarkan keyword ataupun niche dengan harga yang telah disepakati oleh penulis dan pemesan.
Content Writer adalah sebuah profesi untuk menjadi penulis isi atau entry blog atau website tertentu. kalau dimirip-miripkan hampir sama seperti seorang jurnalis, tetapi kalau content writer biasanya mendapatkan informasi hanya melalui web ke web, tanpa terjun kelapangan langsung untuk meliput sebuah peristiwa.
Setiap website sejatinya memerlukan seorang atau beberapa content writer. Entah itu website yang berupa majalah online, toko online atau bahkan web organisasi. Sebab tanpa konten dan isi yang baik, website-website tersebut akan sulit bersaing dan memenangkan pertarungan di dunia maya. Sayangnya yang terjadi selama ini adalah tidak banyak website-website formal yang mencari content writer. Justru jasa content writer paling banyak diminati dan dicari oleh pemilik blog yang memang target utamanya menghasilkan blog berkualitas. Makin berkualitas isi blognya maka peluang untuk mendapatkan traffic yang ujung-ujungnya duit menjadi semakin besar. 
Seorang Content Writer, di tuntut untuk pandai dalam mengolah kata menjadi sebuah artikel yang Fresh serta Uniq. Tak jarang, seorang Content Writer selalu mencari informasi yang sudah ada terlebih dahulu dari web ke web lain. Tugas dari Content writer inilah, harus memilih kata-kata yang nantinya akan membuat informasi tersebut terlihat seperti ‘baru’ (Fresh) dan ‘unik’ (Uniq).
Kesulitan pertama yang di alami content writer yaitu kadang suka sulit dalam merangkai kata menjadi sebuat artikel yang bisa di konsumsi untuk publik. kesulitan itu biasanya berada pada paragraf pertama artikel atau kalimat pembuka. karena tak jarang, content writer harus mengolah kata-kata yang sudah ‘biasa’ menjadi sebuah kata-kata yang ‘fresh’ untuk artikelnya tersebut.
*      Tugas Utama Content Writer
Tugas utama seorang content writer adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca. Jadi, artikel yang ditulis harus mampu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca. Agar lebih ilmiah, saya akan mencoba menggabungkan dengan teori semiotik Roland Barthes. Ada kode hermeneutik dalam teori Semiotik ala Roland Barthes. Kode hermeneutik adalah kode yang membuat orang atau pembaca bertanya-tanya sehingga pembaca akan terus mencari tahu jawaban sampai akhir tulisan, yang pada awalnya pembaca hanya ingin melihat tapi pada akhirnya dia terus membaca demi untuk mendapatkan sebuah jawaban. Content writer harus mampu membuat artikel yang mampu menumbuhkan rasa keingintahuan pada pembaca di saat dia membaca artikel kita. Ini merupakan salah satu tips supaya hasil karya kita banyak di gemari oleh orang – orang, dan tentunya yang akan membuat content writer tersebut di cari oleh sebuah perusahaan. Hanya bermula dari hobi menulis kita bisa bekerja di sebuah perusahaan yang besar.
Kriteria tulisan yang dibuat oleh seorang content writer harus:
-          Informative
-          Educative
-          Engaging
Intinya, tulisan harus memberikan informasi yang dibutukan oleh pembaca, mendidik dan juga engage. Istilah yang satu ini susah sekali diterjemahkan. Intinya, artikel harus membuat pembaca merasa terlibat sehingga pembaca akan terbawa dengan alur dari tulisan tersebut.
Sebenarnya, setiap orang bisa menjadi content writer. Apalagi jika sudah mengetahui pengetahuan tentang SEO. Pasti kita akan menjadi seorang content writer yang handal. Setidaknya yang perlu dikuasai adalah SEO Onpage optimization saja agar menjadi content writer yang hebat.
Kenapa kita harus menguasai SEO Onpage optimization? Sebenarnya tidak mesti menguasai SEO Onpage tapi karena yang saya ketahui itu seorang content writer itu berhubungan dengan bisnis online. Jadi, wajib hukumnya menguasai SEO Onpage optimization.

*      Peran Penting Content Writer
Sebuah media akan menarik minat audience karena isinya. Televisi ditonton karena program acaranya, radio begitu banyak didengar karena isi siarannya, koran atau majalah  mendapat banyak pembaca karena isi berita dan artikelnya. Nah, di dunia digital berlaku hal yang sama. Web, blog, forum, Facebook, Twitter, Instagram, Mindtalk, dan sebagainya akan menjadi menarik karena isi yang ditawarkannya. Content is king. Di sinilah content writer mengambil peran penting. Content writer memegang peranan penting. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ada tiga poin penting, mengapa hal ini bisa terjadi:
1.      Meningkatkan Popularitas Web dan Blog Perusahaan.
Tidak ada yang lebih membanggakan bagi pebisnis jika web atau blog mereka menjadi nomor satu di halaman pencarian Google atau Yahoo!. Efeknya, web atau blog menjadi mudah dicari dan diakses, traffic pun meningkat. Memang ada cara instant untuk membuat sebuah web atau blog tampil nomor satu di mesin pencari, yaitu dengan iklan, Google Adwords misalnya. Cara ini membuat web atau blog cepat naik karena metode pay per click yang bisa menjaring banyak pengunjung (bergantung pada budget hariannya). Namun jika cara beriklan ini tidak dilakukan dengan kontinyu, web atau blog inipun cepat melorot dan tenggelam.
Cara relatif murah dan lebih ‘tahan lama’ adalah dengan mengisi konten secara alami atau organik. Tunjuk saja seorang content writer yang mumpuni untuk mengisi web atau blog secara periodik dengan konten-konten berkulitas dan tentu saja original. Cara kedua ini, perlahan namun pasti membuat mesin pencari menyukainya. Cara kerja mesin pencari adalah merayapi situs-situs web di seluruh dunia setiap hari, mendeteksi mereka jika ada perubahan (up date), mengindeks mereka jika ada konten-konten unique, serta memeringkatkan berdasarkan relevansi isi web atau blog terhadap kata kunci yang sering dipakai oleh pengunjung. Nah, dengan skill seorang content writer, tujuan web atau blog untuk bisa tampil di halaman pertama sebuah search engine bisa dicapai.
2.      Menjangkau Targeted Audience lewat Social Media.
Data menunjukkan, 89% pengguna internet adalah pemakai social media. Jumlah ini terus berkembang dengan lahirnya situs-situs social media baru yang menarik, khususnya bagi kaum muda. Mari kita fokus ke Facebook dan Twitter dulu, social media paling populer di Indonesia. Facebook mempunyai 51 juta pengguna di tanah air.  Jumlah terbesar, mengalahkan pengguna Twitter 29 juta, dan LinkedIn 1,4 juta. Kenapa jumlah audience menjadi penting? Tentu pertimbangan budget perusahaan. Bohong saja jika pebisnis mengeluarkan banyak dana marketing tetapi dengan target audience yang terbatas, maka Facebook dan Twitter masih menjadi tujuan marketing.
Kelebihan Facebook adalah marketer bisa menentukan profil audience yang menjadi target pemasarannya. Mereka bisa menentukan berdasarkan lokasi, kelompok umur, dan interest. Marketing tepat sasaran ini sangat penting bagi pebisnis, dan fasilitas Facebook ini tidak dipunyai oleh social media lainnya. Sementara Twitter mempunyai kelebihan kemudahan akses lewat mobile gadget dan data bahwa masyarakat Indonesia cukup ‘cerewet’ untuk ngetweet. Ada 1,29 juta tweet setiap hari datang dari Indonesia, atau 15 tweet setiap detiknya, dan 87% diantaranya dikirim lewat mobile gadget.
Lalu apa pentingnya content writer? Dengan target audience yang begitu besar dan memungkinkan sebuah konten marketing yang tepat sasaran, sungguh sayang jika tidak dimanfaatkan. Seorang content writer yang bagus akan mengemas konten menjadi sesuatu yang menarik dan ‘dikonsumsi’ pengguna social media sehari-hari. Dengan teknik dan strategi tertentu, tujuan pebisnis untuk men-drive fans atau follower bisa dijalankan. Untuk sekadar say hello dengan konsumen, untuk branding, hard selling, public relation, atau menjaring komunitas sebanyak-banyaknya, semua tujuan itu bisa dikondisikan dengan konten yang menarik.
3.      Meningkatkan Interaksi dan Kedekatan antara Brand dengan Konsumennya. 
Poin ketiga ini bisa diibaratkan KPI dari content writer terhadap pekerjaannya di dunia digital. Salah satu tujuan pebisnis untuk getol terjun ke dunia digital tentu agar produk dan jasanya dikenal, diapresiasi, dikomentari, dan menjadi pembicaraan khalayak. Tujuan ini bisa tercapai jika marketer bisa pintar-pintar mengemas konten digital sesuai dengan ketertarikan dan kebutuhan audience. Di sini dibutuhkan content writer yang mumpuni dalam menerjemahkan tujuan pebisnis serta menganalisa karakteristik audience. Jika ia berhasil, maka komunikasi yang terjalin antara brand dengan konsumennya akan menjadi lancar tanpa hambatan.
*      Pengembangan Bisnis “ Content Writer ”
Content writer secara harfiah berarti penulis konten (isi). Konten atau isi di sini maksudnya adalah tulisan atau artikel yang nantinya akan ditampilkan oleh entry blog atau website. Ibarat mahluk hidup, blog atau website pun butuh makanan bergizi untuk meningkatkan stamina dan kekuatannya. Konten atau isi itulah yang berfungsi sebagai makanan bergizinya. Sebuah blog ataupun website itu akan berfungsi jika ada isinya, yaitu seperti artikel, karya ilmiah, makalah dan lain sebagainya.
Content writer ini memiliki banyak peluang bisnis diantaranya selain kita membuka peluang bisnis “content writer” kita juga bisa membuka peluang bisnis “Pembuatan Blog”. Bisnis content writer ini bisa di tambah lagi dengan peluang bisnis “Pembuatan Blog”. Bisnis membuat blog adalah salah satu peluang bisnis tanpa modal besar yang terbaik. Jia kita sudah memiliki komputer sendiri maka bisnis ini akan berkembang, tapi jika kita belum mempunyai komputer sendiri maka kita bisa dengan menggunakan jasa warnet (Warung Internet), kita hanya membutuhkan modal uang untuk datang ke warnet tersebut. Warnet satu jamnya itu sekitar Rp. 3.000,00 sampai dengan Rp. 4.000,00 jika kita ke warnet selama 2 jam uang yang harus kita bayarkan – pun tidak sampai Rp. 10.000,00 tetapi keuntungan yang kita dapatkan dari bisnis “Pembuatan Blog” ini akan lebih besar daripada uang yang kita keluarkan untuk biaya ke warnet tadi.
Memiliki blog sendiri adalah salah satu cara terbaik buat pemula yang belajar mencari uang secara online dari mana saja, bisa dari rumah, kampus dan lain – lain. Mengapa harus dengan blog? Karena cara membuat atau membangunnya mudah dan modal yang di butuhkan sangat kecil sekali alias tidak besar. Umumnya para pemula selalu diajarkan oleh para senior di dalam bisnis onlineuntuk membuat blog di Blogger.com karena selain mudah cara bikinnya dan layanan blogging tersebut 100% GRATIS. Jadi bisnis ini memiliki nilai rupiah yang tinggi jika didasari dengan pembuatan blog yang baik dan benar serta kreatif.
Tips bisnis tanpa modal besar melalui sebuah blog adalah sebagai berikut :
-       Pahamilah bahwa segala macam jenis usaha dapat di jual melalui internet, namun tidak semua jenis usaha tersebut menguntungkan artinya tidak semua bisnis di internet dapat cepat menghasilkan uang. Oleh sebab itu, karena ingin membangun sebuah blog maka sebaiknya ketahui dulu kira – kira barang apa yang mudah laku jika di jual secara online.
-       Bangun atau buatlah sebuah blog yang sesuai dengan hobi kita artinya buatlah sebuah blog atau situs dimana kita akan merasa gembira dan bersemangat saat membangunnya karena inti atau tema blog tersebut adalah sesuatu hal yang berhubungan dengan hobi masing – masing. Contoh misalnya kita suka berkarya maka kita mengunggah sebuah karya tentang cara pembuatan lilin dari cangkang telur maka buatlah tulisan yang menarik tentang karya tersebut di blog tersebut, buat tulisan tentang bagaimana cara membuat karya tersebut sehingga dapa menarik perhatian para wisatawan, tentang omset yang akan didapatkan dari penjualan karya itu dan lain sebagainya. Intiya, peluag binis ini akan menjadi sangat menguntungkan apabila kita mengerti darimana harus memulainya, langkah kecil untuk memulainya ialah dengan membuat blog yang sesuai dengan minat dan hobi kita. Suka bikin kalimat – kalimat lucu, lihai memasak, lihai main gitar, jago membuat kue adalah contoh yang bisa di jadikan sumber tulisan di blog yang sedang kita bangun.
-       Cara menjalankan bisnis tanpa modal tetapi dengan hasil yang besar dengan membuat blog ini tidak cocok buat Anda yang tidak sabaran dan cepat bosan terhadap rutinitas usaha sampingan di rumah yang itu – itu saja. Karena ketahuilah, jika anda pemula maka membutuhkan waktu paling tidak 6 bulan untuk dapat melihat hasil dari usaha membangun blog tersebut. Tak ada yang mudah dan cepat menghasilkan bila menekuni bisnis ini. Semua membutuhkan aktu, harus mau belajar dan kerja keras serta tidak putus asa.
-       Lalu darimana hasil dari menjalankan peluang bisnis tanpa modal besar melalui blog tersebut? Hasil akan dapat terliha ketika sudah cukup banyak pengunjung yang membaca tulisan kita di blog tersebut. Semakin banyak pengunjung maka hasilnya akan berbanding lurus dengan kemngkinan atau persentase keuntungan yang akan di peroleh. Manfaatkan jumlah kunjungan tersebut dengan menawarkan produk – produk yang menarik dan unik dari karya kita sendiri. Pandai – pandailah dalam memanfaatkan peluang dari bisnis yang kita jalankan.
Ketahuilah bahwa tidak mudah menjalankan usaha yang tanpa moal besar, namun dengan kejelian, kegigihan, kerja keras, dan terus mau belajar maka peluang bisnis tanpa modal besar jenis apapun dapat dijual dengan mudah secara online.  
*      Peluang Bisnis “Content Writer”
Buat temen-temen yang hobby menulis tetapi belum ada pandangan ingin membuka peluang bisnis apa. Kenapa kita tidak membuka peluang bisnis content writer  atau Penulis Konten saja? Di sini kita bisa menawarkan jasa – jasa penulisan seperti jasa penulisan artikel, makalah, proposal, karya ilmiah, dan masih banyak lagi. Sebenarnya banyak peluang bisnis dari content writer jika kita mau membukanya.
Content writer juga di sebut dengan “Penulis Artikel”. Misalnya, kita menjadi seorang penulis artikel lepas, kita bisa membuka jasa penulisan artikel dengan harga yang bervariasi. Mayoritas saat ini menggunakan berapa kata untuk menghargai tulisan tersebut. Semisal anda harus menulis artikel 400 sampai dengan 500 kata (berdasarkan Microsoft Word), kita bisa mematok harga sekitar Rp. 10.000,00 per – artikel (bisa lebih bisa kurang). Apabila kita sanggup menulis 10 artikel per-hari, maka kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan Rp. 3.000.000,00- setiap bulan. Rp. 10.000,00 x 10 artikel = Rp. 100.000,00 x 30 hari = Rp. 3.000.000,00.  
Tak perlu binggung bagaimana menjadi content writer atau penulis artikel. Kita bisa membuka lapak jualan secara online di forum – forum besar seperti kaskus atau ads.id misalnya. Disana banyak sekali yang bersedia membayar tulisan kita. Kita tinggal membuka thread “ Jasa Penulisan Artikel “ dengan mencantumkan contoh tulisan dan daftar harga sesuai dengan ketentuan kita. Jangan lupa juga untuk membaca dan mematuhi peraturan pada masing – masing forum.
Menghasilkan Uang dari Content Writer / Penulis Konten ini merupakan salah satu Cara untuk Mendapatkan Uang dari Internet. Caranya cukup mudah untuk dijalankan dan tentunya nggak ribet. Dan kita tidak berhubungan dengan pihak ketiga. Kita hanya perlu bermodalkan skill menulis dan memanfaatkan peluang yang ada. Maka uang akan menghampiri kita apabila ada klien yang berminat dengan jasa yang kita tawarkan Description: :)
Biasanya para klien adalah mereka yang tidak punya banyak waktu untuk mengurus blog/website nya, sehingga mereka memanfaatkan jasa content writer untuk mengupdate blog/web nya. Jadi, sudah bisa dipastikan mereka adalah para blogger dan webmaster.
Ada beberapa skill yang perlu dimiliki oleh seorang penulis konten, antara lain yang pertama adalah bisa Menulis Artikel Standar SEO Friendly, karena nanti tulisan kita akan diterbitkan di sebuah blog/web. Dan yang kedua adalah kita bisaMenulis Artikel yang Komunikatif dan Enak Dibaca, sehingga tulisan kita tidak hanya seo friendly, akan tetapi juga visitor friendly. Dan apabila anda bisa menulis dalam bahasa lain, misal Bahasa Inggris, itu juga bisa menjadi nilai tambah tersendiri, karena tarif artikel nya bisa dua kali lipat dari artikel Bahasa Indonesia Description: :D
Sekilas Perbandingan ;
Tarif artikel dari bisnis penulis konten ini memang relatif murah kalau kita bandingkan dengan bisnis artikel review. Tapi, kalau dilihat dari syarat kedua bisnis tersebut, yakni syaratnya lebih berat yang bisnis artikel review.
Apabila bisnis content writer dibandingkan dengan bisnis PPC atau bisnis Afiliasi, tentu jauh lebih menguntungkan bisnis content writer. Sebagai contoh, anda menulis artikel 10 buah di blog anda dan di pasang iklan PPC. Belum tentu dalam satu bulan anda bisa mendapatkan uang Rp 100.000,-. Namun, apabila anda menulis 10 artikel sebagai content writer, maka anda sudah bisa menghasilkan uang Rp 100.000,- dalam satu bulan apabila setiap artikel dihargai Rp 10.000,-.
Dari namanya mungkin kita bisa menebak-nebak apa itu content writer. Dia adalah seorang pekerja yang bekerja menulis konten blog/website berdasarkan keyword ataupun niche dengan harga yang telah disepakati oleh penulis dan pemesan. Meski terlihat simpel, content writer memiliki aturan-aturan tertentu dalam melaksanakan tugasnya. Aturan-aturan tersebut antara lain, adalah:
1.                        Pemesan adalah raja.
Sama halnya seperti pedagang, ghost writer ataupun content writer menganggap pemakai jasanya adalah raja. Mereka akan melayani permintaan yang aneh-aneh dan menyebalkan. Tentunya dengan harga yang sesuai.
2. Tidak menyebut-nyebut namanya untuk sebuah tulisan.
                  Maksudnya, ketika tulisan dan transaksi sudah selesai seorang ghost writer atau content writer akan menyerahkan seluruh hak cipta kepada pengguna jasanya. Dia tidak akan mengungkit-ngungkit hasil tulisannya lagi ketika tulisan sudah diserahkan pada pemesan.
Di era ini, content writer menjadi sebuah pekerjaan yang cukup menjanjikan. Simbiosis mutualisme antara penulis dan pemesan tulisan bisa jadi menjadi penyebab fenomena ini. Para pemesan tulisan yang tidak memiliki waktu untuk menulis tentunya akan merasa sangat terbantu dengan adanya para penulis lepas ini, bahkan mereka berani membayar mahal untuk mendapatkan sebuah tulisan yang tentunya akan menghasilkan duit yang jauh lebih besar. Keberanian membayar tinggi ini juga sangat menguntungkan bagi kelangsungan hidup seorang conten writer.
Menjadi Contents Writer itu memiliki banyak keuntungan diantaranya, adalah :
1. Mendapatkan Uang.
2. Blogger tidak usah mengalami kesulitan karena PR blog belum memenuhi standart untuk ikutan mendaftar pada broker Paid To Review (PTR) atau account Google Adsense belum juga di approve.
3. Meskipun duit yang didapet per-artikelnya jumlahnya lebih kecil tetapi pembayarannya cepet atau bahkan diberikan sebelum artikel jadi. Selain itu kita tidak perlu “mencemari” personal blog kita dengan postingan bahasa Inggris dan menyertakan link-link situs lain seperti pada Paid Review.
Setelah bisnis ini berjalan dengan lancar dan semakin banyak orang yang membutuhkan jasa kita, Nahh inilah kesempatan kita untuk bisa membuka peluang bisnis baru yaitu “Penerimaan Karyawan Baru Content Writer” dengan begitu omset pendapatan kita akan bertambah, tetapi kita juga harus menghitung gaji untuk para karyawan baru kita, karena merekalah omset pendapatan kita bisa bertambah dengan pesat.
Jika teman kita adalah orang yang suka menulis cerita pendek, menulis berita, menulis novel, menulis artikel untuk media cetak, menulis buku, atau bahkan dia suka menulis di blog pribadinya, maka posisi Content Writer ini sangat cocok unuk teman kita. Maka kita dapat mengajak teman kita Bergabung dengan bisnis yang telah kita dirikan. Bakat dan hobi menulis-pun dapat memperoleh penghasilan yang besar.
Apa saja tugas seorang Content Writer itu?
·         Membuat "sales letter", yaitu tulisan penawaran di website yang bertujuan menjual produk pada pengunjung website.
·         Menulis review produk. Maksudnya adalah Anda menulis penjelasan lengkap tentang produk yang kami jual agar calon pelanggan mendapatkan informasi detail tentang produk yang akan mereka beli.
·         Menulis kata atau kalimat penawaran pada brosur.
·         Menulis artikel sesuai dengan judul atau konsep yang diberikan Pimpinan.
·         Blogging / Menulis artikel, berita, tips dan sebagainya untuk diposting di blog.
·         Menulis buku dengan konsep dan kerangka tulisan yang diberikan Pimpinan.
Apa saja syarat untuk melamar sebagai Content Writer?
Ada beberapa syarat yang harus kita penuhi apabila kita tertarik untuk melamar sebagai Content Writer di sebuah kantor atau perusahaan. Syarat – syarat tersebut di antaranya, adalah :

Syarat Umumnya, adalah :
·         Pria atau wanita usia 18-30 tahun.
·         Lulusan SMA / MA / SMK / D3 / S1 Semua Jurusan
·         Semangat kerja dan siap untuk disiplin dalam kerja.
·         Mampu bertanggungjawab dan jujur dalam pekerjaan meskipun tanpa diawasi.
·         Berpenampilan baik, rapi dan sopan.
·         Tidak pernah melakukan tindak kriminal.
·         Punya kesehatan yang baik. Tidak punya penyakit yang sering kambuh.
·         Bukan perokok atau siap untuk tidak merokok selama jam kerja.
·         Siap bekerja dalam tim dan mudah bergaul.
·         Toleran, berpikiran tebuka, dan bisa menerima cara berpikir yang berbeda.
·         Selalu berpikir positif, bukan orang yang mudah tersinggung atau mengeluh.
·         Mampu bersikap positif dalam menyikapi kritik atau koreksi dari Pimpinan.
·         Cepat tanggap dan cepat belajar apabila diajari sesuatu.
·         Siap masuk kerja sesuai dengan waktu yang telah di tentukan oleh pihak kantor ataupun perusahaan. Libur pada hari Minggu dan hari libur nasional. Aturan cuti mengikuti peraturan pemerintah.

Syarat Khususnya, adalah :
·         Senang dengan dunia menulis.
·         Berpengalaman menulis artikel, cerita pendek, atau menulis berita.
·         Punya kreativitas dan imajinasi tinggi dalam mengarang.
·         Punya ketekunan dan ketelitian dalam menulis.
·         Memahami tata bahasa indonesia dengan baik.
·         Pandai merangkai kata-kata sehingga artikel enak dibaca dan mudah dipahami.
·         Memahami internet dan mampu menggunakan fasilitas dasar internet misalnya browsing (mencari informasi), beraktivitas di social media, membuat alamat email baru, serta mengirim dan menerima email.

Syarat Kemampuan Komputer
            Syarat Kemampuan Komputer, diantaranya adalah : 
·         Microsoft Word
·         Microsoft Power Point

Syarat Administrasi
Syarat Administrasi yang harus di bawa saat Wawancara Kerja, yaitu :
·         Copy KTP
·         Copy Ijazah Terakhir
·         Copy Sertifikat Kursus apabila punya.
·         Copy SKKB (Surat Keterangan Kelakuan Baik) atau menyusul setelah diterima sebagai karyawan.
·         Satu atau beberapa contoh artikel, cerita atau tulisan lain yang pernah Anda buat.

Berapa Gaji Content Writer?
Setiap perusahaan pasti memiliki standar gaji yang berbeda – beda. Dalam sebuah perusahaan pasti menerapkan sistem gaji yang adil bagi karyawan, dan pastinya sesuai dengan standar gaji yang diterapkan pemerintah. Gaji pokok ditentukan berat atau ringan-nya sebuah tanggungjawab kerja dan jumlah jam kerja. Selain gaji pokok, karyawan juga mendapatkan bonus yang besarnya tergantung omset bisnis yang ditangani. Berikut perincian pendapatan yang diterima Content Writer:
·         Untuk yang berpengalaman, gaji awal Rp. 2.000.000,- dan naik seiring prestasi kerja.
·         Untuk yang belum berpengalaman, gaji awal sesuai UMR, naik seiring prestasi kerja.
·         Bonus sesuai omset bisnis.
·         Uang makan.
·         Tunjangan transportasi.
·         Tunjangan kesehatan.
·         Tunjangan hari raya.
·         Dan tunjangan lainnya.
Jika kita mampu memenuhi persyaratan tersebut maka bersiap-siaplah untuk mendaftarkan diri dan bersiap – siaplah akan mendapatkan order. Lumayan hasilnya. Andai kita rajin menulis minimal empat artikel saja dalam sehari maka paling tidak dalam sebulan kita sudah bisa memperoleh bayaran satu jutaan. Cukuplah untuk mentraktir keluarga atau teman dekat. Description: :D

Itulah sedikit deskripsi tentang content writer sebagai salah satu bentuk peluang bisnis. Ibarat memancing ikan, makin banyak kail tentu peluang mendapat ikanpun akan semakin besar. Jadi tak perlu kita berkecil hati bila belum bisa mendirikan dan membangun toko online. Karena masih ada kail yang lain yakni menjadi content writer.













BAB III PENUTUP
Kesimpulan

Banyak peluang usaha yang sebenarnya dapat dijalankan tanpa modal uang, tentunya apabila kita memiliki keterampilan ataupun hobi. Contohnya kita memiliki sebuah keterampilan membuat sesuatu yang kreatif, maka kita bisa menjadikan hal tersebut menjadi ladang uang apabila kita bisa memanfaatkannya. Semisal kita mempunyai hobi menulis, kita bisa menjadi seorang content writer atau penulis artikel dengan penghasilan yang tidak bisa dianggap remeh. Disini kita dapat menemukan inspirasi untuk menjalankan sebuah usaha tanpa modal uang, yaitu dengan membuka peluang bisnis “Content Writer” yang dapat menghasilkan uang hingga jutaan rupiah setiap bulannya. Peluang bisnis itu sebenarnya ada di mana – man hanya kita saja yang kuang ketelitian dan kejelian dalam melihat dan membaca sebuah peluang bisnis (Peluang Usaha).
"Peluang Adalah EMAS", istilah itu memang bukan mengada-ngada, peluang memang di ibaratkan sebagai emas yang bernilai yang sayang jika harus dilewatkan. Jika anda ingin menjadi seorang pengusaha sukses,maka jangan sekali-sekali mengabaikan peluang usaha yang ada yang sebenarnya banyak disekitar kita. Namun sayangnya peluang itu sering kali kita abaikan karena kita serasa bingung untuk memanfaatkannya,serta harus dimulai dari mana padahal peluang itu hanya datang satu kali saja.bisa saja jika kita melewatkan peluang tersebut yang menurut kita itu peluang usaha yang niche atau bagus lantas keburu diambil oleh orang lain.
Memang tidak lah mudah bagi seseorang untuk bisa memanfaatkan peluang usaha dengan cara memanfaatkannya atau mempraktekannya dalam dunia wirausaha yang sesungguhnya.Ini akan terasa berat karena selain membutuhkan ketekunan, tenaga juga modal yang jumlahnya relatif.
Berikut tips cara memanfaatkan peluang usaha :
1.       Melakukan Riset Pasar : Ya, kita perlu akan data - data mengenai pasar produk yang akan menjadi unggulan. agar produk kita bisa diterima oleh orang lain, selain itu perlunya data - data mengenai tingkat persaingan pasar, kompetisi harga, karakteristik konsumen dan lain - lain, hal ini agar kita bisa memprediksikan  mengenai usaha kita apakah akan mampu bertahan atau tidak.
2.      Mempersiapkan dan menyusun rencana  (market plan), mencakup target pasar produk, target pendapatan perbulan,, biaya operasional dan lain - lain.
3.      Patuh terhadap aturan, dengan kata lain tidak melanggar aturan dari pemerintah setempat,atau melanggar norma - norma yang berlaku dimasyarakat, misalnya membuka usaha minuman keras dan lain - lain.
4.      Strategi Pemasaran yang tepat sasaran.
5.      Jika ke empat poin dasar diatas sudah kita lakukan, maka hal yang paling penting adalah mempraktekannya.
Seperti yang telah di jelaskan di atas, bisnis tanpa modal yaitu menjadi content writer atau penulis artikel ini hanya cocok bagi Anda yang memiliki hobi menulis. Pekerjaan ini sebenarnyacukup potensial dan tentunya dapat di kerjakan di mana saja. Namun jangan salah, peluang bisnis sebagai penulis artikel juga memerlukan kesabaran dan ketelitian. Tidak hanya itu, kita juga harus bis memahami apa yang di butuhkan dan yang di inginkan oleh embeli tulisan kita.
Semoga karya ilmiah ini dapat memberikan ide kepada teman – teman semua yang ingin membuka peluang bisnis. Di atas telah di jelaskan semuanya mulai dari pengertian “Content Writer”, omset yang di peroleh dari bisnis ini, sampai dengan syarat yang harus di penuhi jika kita ingin melamar menjadi seorang “Content Writer” serta di atas juga sudah di jelaskan tentang gaji yang akan di peroleh jika menjadi seorang “Content Writer”. Sebagai pemuda – pemudi di Indonesia kita harus mampu berfikir kreatif dan harus mampu berinovasi demi untuk menemukan ide – ide peluang bisnis yang brilian, karena tidak di ragukan lagi kecerdasan para pemuda dan pemudi di Negara Indonesia ini.
Mari kita tingkatkan peluang bisnis “Content Writer” ini, karena sesungguhnya bisnis ini mengandung banyak peluang di dalamnya. Jangan pernah kita menyia – nyiakan ataupun mengabaikan sebuah peluang karena peluang itu belum tentu datang dua kali dalam sehari, apalagi dalam peluang bisnis. Dan jangan pernah kita mengabaikan ide – ide peluang bisnis yang telah kita dapatkan hanya karena sifat takut dan malu. Kita harus berani memulai wirausaha atas ide-ide kita, sehingga kita akan tahu peluang usaha yang sedang dijalankan adalah peluang usaha yang benar-benar bagus. “ Jangan takut untuk memulai usaha. . . Karena sifat takut tidak akan menghasilkan uang. . . Sebaliknya uang itu akan menghilangkan rasa takut kita. . . Lawanlah sifat takut jika kita ingin mendapatkan keuntungan (uang) ”

Referensi
§  Pemikiran sendiri
 




0 komentar:

Posting Komentar