Minggu, 07 Agustus 2016

Perbedaan Antara Organisasi Computer Dengan Arsitektur Computer

Perbedaan Antara Organisasi Computer Dengan Arsitektur Computer


Organisasi Computer :
Perbedaaan Utamanya dengan arsitektur computer adalah :
Organisasi Komputer merupakan Bagian yang terkait dengan erat dengan unit – unit operasional, sebagai contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal control

Yang kedua : Organisasi komputer memberikan gambar yang lebih dalam mengenai struktur fungsional dan interkoneksi logika antara unit-unit (blok fungsional). Biasanya termasuk rincian atau detail hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal-sinyal kontrol, antarmuka komputer dan peripheral serta teknologi memori yang digunakan.

Yang ketiga : Di dalam organisasi komputer, kita akan menemukan ilmu yang mempelajari bagian-bagian terkait di dalam hubungan tersebut, kemudian kita juga dapat menjalankan operasional sistem kerja dari semua komponen yang terhubung.

Yang keempat : Organisasi komputer merupakan sekumpulan  unit unit operasional pada komputer yang bekerja bersama-sama demi satu tujuan.

Yang kelima : Organisasi komputer dapat berbeda, maksudnya kita di berikan berberapa software yang berbeda tetapi pada akhirnya pembuatan ataupun proses perencanaannya  (arsitekturnya) sama.

Yang keenam : Organisasi komputer harus menyesuaikan perkembangan teknologi artinya  organisasi komputer dapat berubah sesuai dengan perkembangan teknologi.
Pabrik komputer memproduksi sekelompok model komputer, yang memiliki arsitektur sama tapi berbeda dari segi organisasinya yang mengakibatkan harga dan karakteristik unjuk kerja yang berbeda. contoh :

      1. Semua intel family x86 memiliki arsitektur dasar yang sama
      2. Family IBM system/ 370 memiliki arsitektur dasar yang sama
      3. Organisasi antar versi memiliki perbedaan.


Yang ketujuh : Organisasi Komputer berkaitan erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural. Contoh Atribut Organisasional Adalah :rincian hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal kontrol, interface komputer, dan teknologi memori yang digunakan.

Yang terakhir : dapat di simpulkan bahwa organisasi itu sebagai penyedianya atau di ibaratkan sebagai software - softwarenya.



Arsitektur Computer :
Perbedaaan Utamanya dengan organisasi computer adalah :
Arsitektur Komputer merupakan Atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, sebagai contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O

Yang kedua : Arsitektur komputer adalah dapat dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan juga target biayanya.

Yang ketiga : Dalam bidang teknik komputer, definisi arsitektur komputer adalah suatu konsep perencanaan dan juga struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer atau ilmu yang bertujuan untuk perancangan sistem komputer. Arsitektur komputer adalah     konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke chace memori, RAM, ROM, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah CISC, RISC, blue gene, dll.

Yang keempat : Arsitektur komputer merupakan teknik yang digunakan dalam perancangan suatu organisasi komputer agar dapat berjalan sebagai mana mestinya.

Yang kelima : Arsitektur harus sama, maksudnya kita akan membuat sebuah aplikasi dari beberapa software yang berbeda tetapi pada intinya proses perancangannya nanti sama.

Yang keenam : Arsitektur komputer itu bertahan lama artinya Arsitektur komputer dapat bertahan bertahun-tahun. Sebuah Pabrik komputer memproduksi sekelompok model komputer, yang memiliki arsitektur sama tapi berbeda dari segi organisasinya yang mengakibatkan harga dan karakteristik unjuk kerja yang berbeda. Jika organisasi komputer harus mengikuti perkembangan zaman tetapi arsitektur itu dapat bertahan hingga bertahun – tahun lamanya.

Yang ketujuh : Arsitektur Komputer berkaitan erat dengan atribut-atribut sebuah sistem yang tampak (Visible) bagi seorang program. Contoh Atribut Arsitektural Adalah :set instruksi, jumlah bit utk representasi bermacam jenis data, mekanisme I/O, dan teknik-teknik pengalamatan memory.


Yang terakhir : Dapat di simpulkan bahwa arsitektur itu sebagai perancangnya atau yang akan merancang software tersebut supaya menjadi sebuah aplikasi yang dapat berfungsi dengan baik. 

0 komentar:

Posting Komentar